alexa snippet

Panglima TNI Puji Peran Kampus UIN Jakarta

Panglima TNI Puji Peran Kampus UIN Jakarta
Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo disambut jajaran pimpinan UIN Jakarta, Selasa (29/11/2016). Foto/Okezone/Hambali
A+ A-
TANGERAN SELATAN - Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo memberikan kuliah umum kepada ribuan mahasiswa Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta, Jalan Ir H Juanda, Ciputat, Tangerang Selatan, Selasa (29/11/2016).

Dalam pidatonya yang berlangsung selama satu jam itu, Panglima TNI memuji peran kampus UIN Jakarta yang dinilainya proaktif dalam menyikapi berbagai krisis keagamaan yang marak terjadi di Tanah Air.

Panglima mencontohkan, alumni UIN Jakarta adalah pihak yang intens melobi kelompok massa untuk menggeser aksi demo 2 Desember nanti di Lapangan Silang Monas, Jakarta.

"Perannya terlihat waktu kemarin intens melobi ulama-ulama MUI agar demo tanggal 2 Desember besok digeser ke Lapangan Monas, dan berhasil. Itu semua dilakukan untuk menjaga citra Islam yang membuat kebajikan, bukan kegaduhan," ungkapnya.

Selain Nahdlatul Ulama dan Muhammadiyah, kata dia, saat ini kelompok-kelompok Islam di Indonesia jumlahnya sangat banyak. Menurut dia, ada sebagian kecil yang menafsirkan ajaran agama secara ekstrem.

"Kelompok-kelompok ekstrem keagamaan di Indonesia masih cukup banyak. Oleh karena itu, peran dari akademisi, intelektual serta ulama yang moderat sangat diperlukan untuk mengarahkan mereka, dan Kampus UIN Jakarta inilah yang banyak melahirkan tokoh-tokoh moderat seperti itu," terangnya.



(dam)
dibaca 7.550x
loading gif
Top