Negosiasi Pembelian Sukhoi SU-35 Masih Terkendala Harga

Kamis, 03 November 2016 - 17:35 WIB
Negosiasi Pembelian Sukhoi SU-35 Masih Terkendala Harga
Negosiasi Pembelian Sukhoi SU-35 Masih Terkendala Harga
A A A
JAKARTA - Proses negosiasi pembelian pesawat tempur jenis Sukhoi SU-35 antara pemerintah Indonesia dengan pemerintah Rusia masih berlarut-larut. Hingga kini, kendala harga yang masih terlalu mahal bagi pemerintah Indonesia menjadi persoalan utama.

Menteri Pertahanan (Menhan) Ryamizard Ryacudu mengatakan, negosiasi terkait pembelian Sukhoi SU-35 antara dua belah pihak masih berjalan hingga saat ini. Dia berharap, negosiasi harga akan selesai dalam waktu dekat.

"Saya menekankan harganya berapa. Kalau harganya enggak ada, saya tanya terus. Kalau kita enggak tahu harga kan digelembung-gelembungin," ujar Ryamizard di arena JIExpo Kemayoran, Jakarta Pusat, Kamis (3/11/2016).

Rencananya, pemerintah Indonesia akan membeli delapan pesawat Sukhoi SU-35 dengan syarat transfer teknologi. Menurut Ryamizard, syarat transfer teknologi sudah disetujui pihak Rusia.

Selain untuk mengembangkan teknologi pertahanan Indonesia, Sukhoi SU-35 nantinya akan menggantikan posisi pesawat F-5 yang sudah uzur. "F-5 itu sudah hampir 40 tahun. Nggak usah perang udah jatuh sendiri nanti," kata Ryamizard.
(kri)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9539 seconds (0.1#10.140)