Mudahkan Calon Jamaah Umrah, Amphuri Go Diapresiasi

Selasa, 01 November 2016 - 19:14 WIB
Mudahkan Calon Jamaah Umrah, Amphuri Go Diapresiasi
Mudahkan Calon Jamaah Umrah, Amphuri Go Diapresiasi
A A A
BOGOR - Aplikasi berbasis internet, Amphuri Go yang bertujuan untuk memudahkan masyarakat dalam mendapatkan kepastian ibadah umrah dari Indonesia ke Arab Saudi dan sebaliknya, diapresiasi.

Adapun aplikasi itu memudahkan calon jamaah haji terkait transportasi, penginapan, akomodasi dan hal lainnya.

"Terima kasih atas inisiatif ini. Dunia butuh Inovasi dan kreativitas, terlebih untuk urusan umrah," kata Direktur Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Kementerian Agama, Abdul Djamil dalam Pembukaan Musyawarah Nasional (Munas) IV Asosiasi Muslim Penyelenggara Haji dan Umrah Republik Indonesia (AMPHURI) di Hotel Rancamaya, Bogor, Jawa Barat, Selasa (1/11/2016).

Menurut Djamil, Amphuri Go memberi edukasi kepada masyarakat mengenai kepastian produk travel umrah. Di dalam aplikasi tersebut, kata dia, tersedia informasi untuk masyarakat yang ingin menjalani umrah terkait kepastian fasilitas yang diperoleh, termasuk memastikan travel umrah yang digunakan berizin atau tidak.

Djamil mengatakan, aplikasi tersebut sejalan dengan program pemerintah terkait Gerakan Nasional Lima Pasti Umrah. Program tersebut telah diluncurkan Kementerian Agama (Kemenag) agar masyarakat terhindar dari travel umrah tidak berizin dan tidak dirugikan saat beribadah di Tanah Suci.

"Sebaik apapun program kita, kalau tidak ada respons dari masyarakat maka tidak ada gunanya. Maka soal Lima Pasti Umrah ini harus disosialisasikan lewat banyak hal lewat termasuk lewat Amphuri Go. Tidak ada ruginya dengan kehadiran layanan aplikasi ini," kata dia.

Aplikasi berbasis website tersebut dapat diakses di laman www.amphurigo.com. Bagi Djamil, aplikasi tersebut memudahkan jamaah dalam merencanakan ibadah umrahnya.

"Saya pikir baik dengan hadirnya aplikasi tersebut karena memberikan kejelasan bagi masyarakat mengenai program yang ditawarkan oleh biro perjalanan umrah," katanya.

Amphuri Go diluncurkan oleh AMPHURI di sela acara Munas IV AMPHURI di Bogor, Selasa hari ini.

Ketua Umum AMPHURI, Joko Asmoro mengatakan, aplikasi tersebut juga berfungsi untuk meningkatkan kepercayaan publik terhadap biro perjalanan umrah resmi.

Saat ini, kata dia, banyak biro perjalanan umrah bodong di tengah masyarakat. Selain Amphuri Go, Joko mengatakan pihaknya juga meluncurkan aplikasi untuk internal biro umrah di bawah asosiasi AMPHURI, yaitu Amphuri Enterprise.

Amphuri Enterprise, kata dia, akan menjadi sistem informasi manajemen di setiap biro travel umrah anggota Amphuri. Di dalamnya terdapat info lengkap mengenai laporan keuangan dan persoalan manajemen internal Amphuri lainnya. "Nantinya calon jamaah bisa secara rinci mengetahui paket umrah," kata Joko.
(dam)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4423 seconds (0.1#10.140)