HT Pacu Semangat Mahasiswa ATW Surakarta

Selasa, 06 September 2016 - 19:12 WIB
HT Pacu Semangat Mahasiswa ATW Surakarta
HT Pacu Semangat Mahasiswa ATW Surakarta
A A A
JAKARTA - CEO MNC Group Hary Tanoesoedibjo (HT) berkunjung ke Akademi Teknologi Warga (ATW) Surakarta di Kwarasan, Grogol, Sukoharjo, Jawa Tengah.

HT memberikan motivasi kepada ratusan mahasiswa dan siswa SMA/SMK Warga untuk menjadi generasi muda yang berkualitas. "Kebehasilan tidak tergantung masa kerja dan masa lalu. Keberhasilan ditentukan oleh kualitas," kata HT saat memberikan kuliah umum dengan tema Membangun Ekonomi Indonesia Menghadapi Persaingan Global, Selasa (6/9/2016).

Dia memaparkan proses keberhasilannya hingga bisa menjadikan MNC Group menjadi sebuah bisnis yang berkembang dan memiliki banyak perusahaan.

Menurut dia, semua itu tidak didapatkannya begitu saja, tapi melalui proses panjang. Dia mengatakan, keberhasilan sangat ditentukan oleh kualitas. Oleh karena itu, lanjut dia, generasi muda harus rajin dan memiliki tekad kuat untuk berhasil.

Terkait posisi Indonesia di era global, HT menandaskan saat ini kurang menguntungkan. Pertama, kata dia, minyak sudah tidak bisa lagi diandalkan. Kedua, sambung dia, industri juga sudah tidak kompetitif, bahkan Indonesia sudah menjadi negara konsumtif.

Sementara untuk komoditas saat ini, kata dia, harganya makin rendah karena keterlambatan ekonomi. "Sebetulnya kekuatan ekonomi kita saat ini rapuh. Akibatnya pemerintah berusaha menarik investasi sebesar-besarnya," ucapnya.

Dia juga mengungkapkan, kondisi perkotaan dan daerah sangat "jomplang". HT menjelaskan dari 514 kabupaten/kota, hanya sekitar 10-20 daerah yang sudah terbangun dengan baik.

Untuk itu, lanjut dia, perlu upaya agar pembangunan tidak hanya terpusat di kota-kota besar. "Ini yang terjadi saat ini. Kalau ingin bersaing di ekonomi global, kita harus mampu memacu pertumbuhan pembangunan di daerah. Itulah mengapa generasi muda harus dimotivasi agar tumbuh dan maju dan ikut mengangkat daerah sehingga pemerataan akan terjadi," tuturnya.
(dam)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 2.0034 seconds (0.1#10.140)