Pemerintah Perlu Bikin Momentum Khusus Antisipasi Kebakaran Hutan

Sabtu, 27 Agustus 2016 - 19:50 WIB
Pemerintah Perlu Bikin Momentum Khusus Antisipasi Kebakaran Hutan
Pemerintah Perlu Bikin Momentum Khusus Antisipasi Kebakaran Hutan
A A A
JAKARTA - Anggota Komisi II DPR Arteria Dahlan‎ mengusulkan peristiwa kebakaran hutan dan lahan perlu ada momentum yang bisa mengingatkan bangsa ini agar bisa menghindari kebakaran lahan dan hutan tersebut.

Hal demikian dianggapnya perlu untuk mengingatkan bahwa kebakaran hutan dan lahan sudah sangat merusak lingkungan Indonesia, jadi perlu ada semacam kegiatan nasional.

"Kalau perlu dijadikan hari libur nasional, biar semua pihak itu tahu dan sadar ternyata kebakaran hutan dan lahan itu memang agenda dan kejadian rutin tahunan," kata Arteria Dahlan dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (27/8/2016).

Bahkan, dia mengusulkan agar dibuat acara seremonial dan disiapkan anggarannya untuk HUT kebakaran hutan dan lahan itu.‎ Dia menambahkan, hal demikian agar jelas sikap politik negara atas kawasan hutan dan lahan seperti apa.

"Daripada percuma selama ini ada anggaran mitigasi risiko dan penanganan di setiap kementerian dan lembaga terkait. Toh percuma karena terjadi kembali (kebakaran hutan)," tutur politikus Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) ini.

Dia menilai, ‎sepertinya rakyat selalu dipersepsikan bodoh dan bersalah, dan dengan alasan kebodohan dan rakyat, pelaku pembakaran hutan dan lahan tidak dihukum. Menurutnya, pola pikir seperti itu adalah pola pikir feodal dan antirepublik.

"Apasih sulitnya untuk antisipasi, karena kita punya peta satelit yang bisa tentukan titik api, sehingga dapat dilakukan upaya pencegahan dan mitigasi risiko," tuturnya.
(maf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 2.3219 seconds (0.1#10.140)