Jokowi Lantik Gubernur Pengganti

Rabu, 25 Mei 2016 - 16:56 WIB
Jokowi Lantik Gubernur Pengganti
Jokowi Lantik Gubernur Pengganti
A A A
JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) melantik sejumlah gubernur dan wakil gubernur di Istana Negara, Jakarta, Rabu (25/5/2016).

Salah satunya, Pelaksana tugas (Plt) Gubernur Sumatera Utara Teuku Erry Nuradi yang akan dilantik menggantikan Gatot Pudjo Nugroho yang dinonaktifkan karena tersandung kasus korupsi dana bantuan sosial.

Plt Gubernur Kepulauan Riau Nurdin Basirun juga akan dilantik menjadi orang nomor satu di provinsi tersebut menggantikan Muhammad Sani yang meninggal dunia.

Sri Paduka Paku Alam X juga akan dilantik menjadi Wakil Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta menggantikan Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Aryo (KGPAA) Paku Alam IX yang meninggal dunia pada November 2015.

Berikutnya, Plt Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman juga akan dilantik menggantikan Annas Mamun yang dinonaktifkan karena terjerat kasus korupsi.

Jokowi juga akan melantik Sugianto Sabran dan Said Ismail menjadi Gubernur dan Wakil Gubernur Kalimantan Tengah. Keduanya adalah pasangan kepala daerah yang pelantikannya sempat ditunda.

Berdasarkan pantauan Sindonews di lokasi, sejumlah tamu undangan hadir dalam pelantikan tersebut di antaranya, Wakil Presiden Jusuf Kalla, sejumlah menteri Kabinet Kerja, Wakil Ketua DPR Agus Hermanto, Wakil Ketua MPR Oesman Sapta, Ketua DPD Irman Gusman, Ketua KPK Agus Rahardjo, Ketua DKPP Jimly Asshiddiqie, Ketua KPU Husni Kamil Manik, serta terlihat Ketua Umum Partai Hanura Wiranto.

Turut hadir pula sejumlah pasangan kepala daerah yang sudah menjabat maupun yang baru dilantik sebelumnya pada Pilkada serentak 2015.
(dam)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7227 seconds (0.1#10.140)