alexa snippet

Anak Jenius yang Menginspirasi Dunia

Anak Jenius yang Menginspirasi Dunia
Anak-anak jenius di dunia (dok.KORAN SINDO)
A+ A-
Anak jenius atau disebut juga ”The Prodigy” adalah anak-anak istimewa yang memiliki kemampuan sama atau bahkan melebihi orang dewasa di usia yang sangat muda, biasanya di bawah 13 tahun. Pianis belia asal Indonesia Joey Alexander layak disejajarkan dengan sejumlah anak jenius yang pernah lahir di dunia.

1. Joey Alexander (Indonesia)
Joey dilihat banyak pihak sebagai anak ajaib di bidang musik jazz. Keajaibannya itu telah diulas di banyak media Amerika, termasuk surat kabar The New York Times dan Daily Telegraph, televisi CNN, WCBS, dan NBC News serta majalah musik Down Beat. Bocah kelahiran Bali pada 26 Juni 2003 itu belajar memainkan musik jazz secara otodidak mulai usia 6 tahun. Di usia ke-9, dia menyabet penghargaan Grand Prix pada kompetisi musik jazz semua umur Master-Jam Fest di Odessa, Ukraina. Kompetisi ini diikuti 43 musisi dari 17 negara.

Joey pertama kali muncul di muka publik ketika diundang UNESCO pada Desember 2011 di Jakarta untuk bermain piano tunggal di depan Herbie Hancock, musisi jazz legendaris Amerika. Setahun kemudian, Joey tampil bersama band-nya di Java Jazz Festival.  Keajaiban Joey dilirik Wynton Marsalis, musisi jazz berpengaruh di Amerika yang juga merupakan direktur lembaga pertunjukan prestisius di New York, Jazz at Lincoln Center.

Kerap tampil di berbagai panggung bergengsi, termasuk Montreal International Jazz Festival, Copenhagen Jazz Festival, New Port Jazz Festival, Rochester Jazz Festival, Apollo Theater dan Arthur Ashe Learning Center. Sejak 2014, Joey dan keluarganya bermukim di New York City

”My Favorite Things” adalah album pertama Joey yang dirilis pada Mei 2015, saat dia berusia 11 tahun.  Album berisi sembilan lagu itu diproduksi pemenang Grammy, Jason Olaine, melalui Motema Music, perusahaan rekaman yang berbasis di New York. Pada 30 Mei 2015, album tersebut bertengger di urutan ke-174 tangga lagu Billboard 200. Billboard mencatat album milik remaja 12 tahun ini melejit pekan ini dengan penjualan 9.000 kopi atau naik 3,563%

2. Kim Ung Yong (Korea Selatan)
Kim Ung Yong lahir pada 7 Maret 1963. Lelaki asal Korea Selatan ini sudah menguasai empat bahasa yakni Korea, Jepang, Jerman, dan Inggris pada usia 4 tahun. Sebelumnya pada usia 3 tahun, dia memasuki jenjang universitas di Hanyang University. Pada usia 5 tahun dia memecahkan masalah soal kalkulus. Lulus dari universitas tersebut dengan gelar Ph.D di usia hanya 15 tahun. Dia mencatatkan diri sebagai manusia ber-IQ paling tinggi pada saat masih bocah sepanjang sejarah yakni 210. Hingga kini belum ada menyamai rekor dunia Yong.

3. Gregory Smith (Amerika Serikat)
Gregory Smith yang lahir pada 1989 menjadi peraih Penghargaan Nobel Perdamaian paling muda. Saat itu usianya masih 12 tahun. Dia menjadi pegiat perlindungan bagi anak di seluruh dunia. Smith sudah bisa membaca di usia dua tahun. Dirinya terdaftar menjadi mahasiswa saat umurnya 10 tahun.
Dia satu-satunya bocah yang pernah bertemu pimpinan dunia seperti George Bush Senior hingga Raja Abdullah dari Arab Saudi.

4. Akrit Jaswal (India)
Bocah asal India yang lahir pada 23 April 1993 ini punya IQ 146 dan paling cerdas di antara semua siswa seusianya di negara itu. Dunia tersentak saat mengetahui Akrit Jaswal melakukan praktik operasi bedah pertamanya di usia 7 tahun. Pasiennya kala itu seorang gadis menderita luka bakar. Operasinya berhasil dan sukses. Jaswal sekarang malah menemukan obat untuk menekan pertumbuhan kanker. Kini dia mengabdikan dirinya untuk kegiatan kemanusiaan dan ilmu pengetahuan.

5. Cleopatra Stratan (Moldova & Italia)
Cleopatra Stratan lahir di Chisinau, Moldova pada 6 Oktober 2002. Menjadi penyanyi cilik asal Italia dengan bayaran paling mahal jika dibandingkan artis kecil lain. Di usia 3 tahun, memiliki satu album dan langsung membawanya meraih penghargaan dari MTV. Stratan juga sudah membuat konser di Italia dan dibanjiri jutaan penggemarnya di berbagai belahan Eropa.  Dia mengadakan konser dua jam penuh dan untuk setiap lagu dinyanyikan gadis kecil itu menerima bayaran Rp12 juta.

6. Aelita Andre (Australia)
Aelita Andre yang lahir pada 9 January 2007 ini dijuluki Pablo Picasso bocah. Di usia dua tahun dia telah membuat pameran lukisan di salah satu galeri terkenal sejagat, Brunswick. Walau usianya masih bocah, harga lukisannya dibeli seharga USD24.000 atau sekitar lebih dari Rp220 juta saat dipamerkan di Hong Kong.

dibaca 22.402x
halaman ke-1 dari 5
loading gif
Top