DPR Pengin Sutiyoso Beberkan Sejumlah Kasus HAM

Selasa, 30 Juni 2015 - 11:35 WIB
DPR Pengin Sutiyoso Beberkan Sejumlah Kasus HAM
DPR Pengin Sutiyoso Beberkan Sejumlah Kasus HAM
A A A
JAKARTA - Komisi I DPR akan menggelar uji kepantasan dan kelayakan (fit and proper test) terhadap Jenderal TNI (Purn) Sutiyoso untuk menjadi Kepala Badan Intelijen Negara (KaBIN).

Anggota Komisi I Hanafi Rais menyatakan, sejumlah kasus pelanggaran HAM yang diduga melibatkan Bang Yos, sapaan akrab Sutiyoso akan menjadi 'menu' pertanyaan para anggota dewan.

"Misal soal dugaan kasus HAM dan sebagainya. Walaupun kita paham secara hukum kita cari informasi itu sudah selesai," ujar Hanafi, di Kompleks DPR, Senayan, Jakarta, Selasa (30/6/2015).

Sejauh ini kata Hanafi, publik masih meragukan sosok mantan Gubernur DKI Jakarta itu bisa memimpin lembaga mata-mata negara tersebut. Sehingga, anggota DPR memberi kesempatan Bang Yos menjawab keraguan tersebut.

"Tapi kami ingin beri kesempatan Sutiyoso sebagai primer, jawab keraguan publik," tukasnya.

Diketahui, dari sejumlah isu pelanggaran HAM yang diduga melibatkan Sutiyoso, mantan Pangdam Jaya itu paling dikaitkan dengan kasus Kerusuhan 27 Juli (Kudatuli) periode 1997, saat di mana terjadi penyerangan pengurus dan kader yang berada di Kantor DPP PDI di Jalan Diponegoro, Menteng, Jakarta Pusat.

Pilihan:

Rini Soemarno Tak Terima Disebut Kerdilkan Jokowi

Sst... Mendagri Sebut Ada Menteri Kecilkan Jokowi
(maf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4914 seconds (0.1#10.140)