Kenapa JK Ingin Islahkan Ical dan Agung?

Sabtu, 23 Mei 2015 - 19:06 WIB
Kenapa JK Ingin Islahkan Ical dan Agung?
Kenapa JK Ingin Islahkan Ical dan Agung?
A A A
JAKARTA - Mantan Ketua Umum Partai Golkar sekaligus Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) disebut-sebut akan menjadi mediator untuk mendamaikan (islah) dua kubu Partai Golkar.

Konflik antara kubu Agung Laksono dan kubu Aburizal Bakrie (Ical) semakin meruncing, Golkar pun terancam tidak bisa ikut pemilihan kepala daerah (pilkada) serentak tahun 2015. Lantas apa kepentingan JK?

Pengamat politik dari Sinergi Masyarakat Indonesia untuk Demokrasi (Sigma) Said Salahuddin mengatakan upaya JK untuk mengislahkan dua kubu di internal Golkar merupakan langkah politik yang masuk akal.

Dia menduga kepentingan JK dalam mendamaikan konflik tersebut terkait dukungan Partai Golkar terhadap pemerintah.

“Bagaimanapun dia (JK) adalah senior Golkar. Bahwa kemudian ada kepentingan yang ingin disisipkan, ditunggangi JK misalnya, dugaan saya itu terkait dukungan dari Golkar yang telah bersatu untuk mendukung dirinya (pemerintah),” tutur Said kepada Sindonews, Sabtu (23/5/2015).

Namun demikian, lanjut Said, soal dukungan Partai Golkar terhadap pemerintah tersebut, sebaiknya tidak menjadi prasyarat islah.

Dalam sejumlah isu, kata dia, Golkar kubu Ical telah membuktikan lebih mendukung kebijakan Presiden Joko Widodo (Jokowi) ketimbang partai-partai pendukung pemerintah yang tergabung di dalam Koalisi Indonesia Hebat (KIH).

“Kalau misalnya JK minta agar Ical mem-backup dia, dan berarti mem-backup Jokowi, itu boleh-boleh saja. Toh selama ini Ical, selama kebijakan (Jokowi-JK) benar, ya dia bela,” kata Said.
(dam)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7711 seconds (0.1#10.140)