Dubes RI untuk Italia Meninggal, Megawati Instruksikan Kader PDIP Beri Penghormatan Terbaik

Rabu, 18 Januari 2023 - 07:52 WIB
loading...
Dubes RI untuk Italia Meninggal, Megawati Instruksikan Kader PDIP Beri Penghormatan Terbaik
Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh (LBBP) Republik Indonesia untuk Italia, Muhammad Prakosa meninggal dunia pada Selasa (17/1/2023) pukul 10.55 waktu Roma. FOTO/DOK.KEMLU
A A A
JAKARTA - Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh (LBBP) Republik Indonesia untuk Italia, Muhammad Prakosa meninggal dunia pada Selasa (17/1/2023) pukul 10.55 waktu Roma. Mantan Menteri Pertanian di era Presiden Abdurrahman Wahid itu mengembuskan napas terakhir di usia 62 tahun.

Sekretaris Jenderal Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (Sekjen PDIP) Hasto Kristiyanto menyatakan, keluarga besar PDIP sangat sedih dan kehilangan salah satu kader partai terbaiknya.

"Kita sungguh kehilangan dan begitu bersedih atas berita duka cita tersebut. Kita kehilangan sosok yang rendah hati, jujur, dan menjadi keteladanan seluruh jajaran partai," kata Hasto dalam keterangan tertulis dikutip, Rabu (18/1/2023).

Baca juga: Duta Besar Indonesia untuk Italia Muhammad Prakosa Meninggal Dunia

Menurut Hasto, Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri telah memberikan arahan agar seluruh jajaran partai memberikan penghormatan terbaik kepada almarhum Muhammad Prakosa. PDIP juga akan memberikan memberikan penghormatan khusus sesuai protokol partai.

Untuk itu, PDIP telah menugaskan Ketua Fraksi PDIP di DPR, Utut Adianto untuk berkoordinasi dengan pemerintah terkait rencana pemulangan Muhammad Prakosa. Selain itu, juga menugaskan Ketua DPP PDIP Ahmad Basarah berkoordinasi dengan keluarga berkaitan dengan seluruh rencana pemakaman almarhum. Selanjutnya Partai memberikan dukungan penuh hingga selesainya seluruh rangkaian pemakaman almarhum sesuai protokol partai.

"Kita semua berdoa memohon kepada Tuhan Yang Maha Kasih, agar Alm. Pak Dubes Prakosa dilancarkan jalannya, diampuni segala dosanya, dan mendapat tempat terbaik di Sisi-Nya," katanya.

Kabar meninggalnya Muhammad Prakosa juga disampaikan Juru Bicara Kementerian Luar Negeri (Kemlu) Teuku Faizasyah kepada wartawan, Selasa (17/1/2023).

"Innalillahi wa inna ilaihi raji'un, telah berpulang ke Rahmatullah, Bapak Dubes Muhammad Prakosa pada 17 Januari 2022, pukul 10.55 WS di Roma, Italia. Teriring doa semoga Almarhum Husnul Khotimah, diterima di sisi-Nya, dan keluarga yang ditinggalkan diberi ketabahan dan keikhlasan. Aamiin YRA," katanya.
(abd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1696 seconds (0.1#10.140)