Jurnalis KORAN SINDO Juara 1 Lomba Jurnalistik 2022 BPK

Kamis, 12 Januari 2023 - 20:53 WIB
loading...
Jurnalis KORAN SINDO Juara 1 Lomba Jurnalistik 2022 BPK
Jurnalis KORAN SINDO Sabir Laluhu. FOTO/DOKUMEN PRIBADI
A A A
JAKARTA - Jurnalis KORAN SINDO Sabir Laluhu meraih juara 1 Lomba Karya Tulis Jurnalistik 2022 Badan Pemeriksa Keuangan (BPK). Tulisannya berjudul Bertindak Bersama untuk Komunitas Global yang Lebih Baik terpilih menjadi yang terbaik dalam lomba yang mengangkat tema Akuntabilitas dan Transparansi dalam G20: Peran Supreme Audit Institutions 20 (SAI20) tersebut.

Dalam Lomba Karya Jurnalistik 2022 BPK, ada dua kategori yang dilombakan dalam kurun waktu 1 Juni hingga 31 Desember 2022. Pertama, tulisan kategori berita media cetak dan media online. Kedua, tulisan kategori opini media cetak dan media online. Lomba ini merupakan rangkaian lomba-lomba dalam perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-76 BPK yang jatuh pada 1 Januari 2023.

Sebagai juri lomba adalah Plt Ketua Dewan Pers M Agung Dharmajaya dan Kepala Biro Humas dan KSI BPK R Yudi Ramdan Budiman. Berikut ini para pemenang setiap kategori lomba:

1. Juara 1 kategori berita media cetak: Sabir Laluhu (KORAN SINDO) dengan tulisan berjudul Bertindak Bersama untuk Komunitas Global yang Lebih Baik. Nilai 162
2. Juara 1 kategori berita media online: Agatha Olivia Victoria (LKBN Antara) dengan tulisan berjudul Peran SAI20 Mengawal Akuntabilitas dan Transparansi G20. Nilai 163
3. Juara 1 kategori opini media cetak: Wahyu Kuncoro (Harian Bhirawa) dengan tulisan berjudul SAI20 dan Tata Kelola Keuangan di tengah Krisis. Nilai 157
4. Juara 1 Kategori opini media online: Erik Purnama Putra (Republika Online) dengan tulisan berjudul SAI dan Kontribusi BPK Memperbaiki Tata Kelola Pemerintahan Dunia. Nilai 158

"Kami mengumumkan nama-nama pemenang tersebut dalam acara Festival Seni dan Kreativitas pada 10 Januari 2023 di BPK. Seluruh pemenang lomba jurnalistik kami undang untuk mengikuti acara melalui zoom. Pengumuman akan disampaikan juga melalui website BPK RI," kata Kepala Biro Humas dan Kerja Sama Internasional (KSI) BPK R Yudi Ramdan Budiman dalam keterangan tertulisnya, Kamis (12/1/2023) sore.

Jurnalis KORAN SINDO Juara 1 Lomba Jurnalistik 2022 BPK


Yudi menyatakan, keputusan dewan juri adalah mutlak dan tidak dapat diganggu gugat. Menurutnya, indikator penilaian dalam lomba ini adalah objektivitas, kaidah jurnalistik, gaya bahasa, kesesuaian tema untuk kategori berita. Sedangkan untuk kategori opini adalah orisinalitas, gaya bahasa, kesesuaian tema, serta saran dan kritik untuk BPK.

BPK akan terus melaksanakan berbagai kegiatan untuk meningkatkan kualitas komunikasi BPK dengan stakeholders terkait. Hal ini sesuai dengan The Supreme Audit Institutions Performance Measurement Framework (SAI PMF) yang merupakan perangkat penilaian kinerja kelembagaan BPK, yang salah satu aspeknya yakni tentang komunikasi. Salah satu perwujudan komunikasi ini adalah diseminasi informasi melalui pemberitaan di media massa.

"Lomba karya jurnalistik menjadi bagian dalam upaya menjalin kerja sama dengan rekan-rekan media, untuk meningkatkan kualitas hubungan BPK dengan media, serta menjaring ide dan gagasan media yang dapat menjadi evaluasi bagi tugas BPK melakukan pemeriksaan pengelolaan dan tanggung jawab keuangan negara. Semoga di tahun-tahun mendatang semakin banyak rekan jurnalis yang mengikuti kegiatan perlombaan karya jurnalistik di BPK," kata Yudi.

Sementara itu, Sabir Laluhu mengaku bersyukur atas prestasi yang diraihnya. Ini adalah kali ketiga ia mendapatkan penghargaan dari BPK. Tahun lalu, ia menjadi Juara 2 Kategori Opini Media Cetak Lomba Karya Tulis Jurnalistik 2021 BPK dan dua tahun lalu, Juara 3 Kategori Berita Media Cetak Lomba Karya Tulis Jurnalistik 2020 BPK.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1408 seconds (0.1#10.140)