Panglima TNI Kukuhkan Kapal Perang Pengangkut Tank KRI Teluk Wondama-527

Rabu, 11 Januari 2023 - 17:49 WIB
loading...
Panglima TNI Kukuhkan Kapal Perang Pengangkut Tank KRI Teluk Wondama-527
Panglima TNI Laksamana Yudo Margono mengukuhkan KRI Teluk Wondama (TWA)–527. Foto/Dispenal
A A A
JAKARTA - Panglima TNI Laksamana Yudo Margono mengukuhkan KRI Teluk Wondama (TWA)–527. Kapal tersebut merupakan kapal perang jenis angkut tank terbaru milik TNI Angkatan Laut (TNI AL).

Kehadiran kapal jenis Landing Ship Tank (LST) ini diharapkan mampu mendukung tugas pokok TNI AL dan mendukung visi misi Presiden Jokowi mewujudkan Indonesia sebagai poros maritim dunia.

"Kehadiran kapal jenis LST ini diharapkan mampu mendukung tugas pokok TNI AL sekaligus mendukung visi Presiden Joko Widodo untuk mewujudkan Indonesia sebagai poros maritim dunia," kata Yudo didampingi Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Muhammad Ali, di Dermaga Koarmada III Papua Barat, Rabu (11/1/2023).



Yudo mengatakan, kapal tersebut dirancang untuk melaksanakan tugas sesuai fungsi asasi sebagai pengangkut pasukan pendarat. Untuk selanjutnya didaratkan di pantai yang dikuasai musuh dalam suatu operasi amphibi.



Untuk diketahui, nama KRI Teluk Wondama-527 diambil dari nama teluk yang terletak di Papua Barat sebagai Daerah Konservasi Taman Nasional Laut Teluk Cenderawasih (TNLTC). Teluk Wondama memiliki keanekaragaman flora dan fauna serta pemandangan alam khas Papua, baik yang berada di laut maupun di darat.

KRI Teluk Wondama-527 memiliki spesifikasi panjang keseluruhan (LOA) 117 meter, lebar 16,40 meter, dan tinggi 7.80 meter, mampu melaju dengan kecepatan masimum 16 knots atau 29,6 kilometer per jam. Kapal perang ini mampu berlayar hingga 20 hari dan memiliki kapasitas angkut kru 111 orang, pasukan 367 orang, dan mampu mengangkut 15 unit tank BMP-3F serta satu unit helikopter.
(cip)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2309 seconds (0.1#10.140)