Usung Anies Baswedan, Saan Mustopa Yakin Nasdem Jabar Makin Moncer

Jum'at, 06 Januari 2023 - 19:33 WIB
loading...
Usung Anies Baswedan, Saan Mustopa Yakin Nasdem Jabar Makin Moncer
Ketua DPW Partai Nasdem Jawa Barat Saan Mustopa. Foto/dpr.go.id
A A A
JAKARTA - Langkah Partai Nasdem mengusung Anies Baswedan sebagai bakal calon presiden (capres) 2024 diyakini berdampak positif terhadap elektoral di Pemilu 2024 terutama di wilayah Jawa Barat (Jabar). Ketua DPW Partai Nasdem Jawa Barat Saan Mustopa opstimistis suara partainya di Jabar bakal makin moncer.

Saan merujuk data hasil survei terbaru Indikator Politik Indonesia. Dia mengapresiasi atas capaian tersebut, khususnya kepada para pengurus di semua level dan kepada para kader Nasdem Jabar. “Menggembirakan, tapi saya tetap meminta pengurus dan kader terus bekerja keras, karena kerja kita selama ini di Jabar menunjukkan hasil yang positif,” katanya, Jumat (6/1/2023).

Menurutnya, pekerjaan rumah (PR) dan tugas-tugas berat masih menumpuk di depan mata. Capaian yang ada diminta menjadi pemicu baru untuk meraih target dan tujuan Partai Nasdem saat ini.





“Karena Jabar selalu menjadi barometer partai dalam pertarungan skala nasional,” kata Wakil Ketua Komisi II DPR ini.

Diketahui, elektabilitas Nasdem mengalami kenaikan versi hasil survei terbaru Indikator Politik Indonesia. Bahkan, berada di atas PKB, PPP, dan PAN.

“Temuan data survei kita pada Desember 2022, dibandingkan survei sebelumnya Oktober 2021, posisi Nasdem memang naik. Semi terbuka dari 2,1% pada Oktober 2021 menjadi 5,5% pada Desember 2022; lalu dalam simulasi surat suara dari 2,6% menjadi 6,2% pada rentang waktu yang sama,” ujar Peneliti Senior Indikator Politik Indonesia Hendro Prasetyo.

Dia mengatakan PDI Perjuangan, Golkar, Partai Demokrat, dan PPP cenderung stagnan bahkan turun. “Tentu ini kabar menggembirakan bagi Nasdem, meski kerja keras tetap harus dilakukan,” kata Hendro.

Adapun sumbangan kenaikan suara Nasdem terlihat antara lain di Jabar I (Bandung-Cimahi), Jabar III (Cianjur-Bogor), Jabar IV (Sukabumi), Jabar VII (Bekasi-Karawang-Purwakarta), dan Jabar IX (Majalengka-Subang-Sumedang).

Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia Burhanuddin Muhtadi menjelaskan, elektabilitas Partai Nasdem secara nasional terus menggeliat naik sejak Agustus 2022. “Nasdem tampak salah satu partai yang konsisten menguat sejak Agustus 2022,” ucapnya.

Secara nasional, bukan hanya di Jabar, elektabilitas Partai Nasdem mencapai 5,1 persen dalam survei terbaru. “Pada survei September 2022 Nasdem 4,4 persen dan November 2022 dengan 4,8 persen,” imbuhnya.
(rca)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1586 seconds (0.1#10.140)