LP Cipinang-Salemba Digeledah, Ratusan Narkoba Jenis Baru Disita

Sabtu, 11 April 2015 - 11:20 WIB
LP Cipinang-Salemba Digeledah, Ratusan Narkoba Jenis Baru Disita
LP Cipinang-Salemba Digeledah, Ratusan Narkoba Jenis Baru Disita
A A A
JAKARTA - Mabes Polri menggeledah Lembaga Pemasyarakatan (LP) Cipinang, Jakarta Timur, Kamis (9/4) malam, kemudian diteruskan ke Rumah Tahanan (Rutan) Salemba kemarin.

Di LP Cipinang petugas Direktorat Tindak Pidana Narkotika Bareskrim Mabes Polri menyita ratusan lembar narkoba jenis baru, CC4, dari narapidana bernama Andre Syamsul Malik. Dia merupakan tersangka kasus narkotika dan kepemilikan puluhan senjata api yang sudah divonis 10 tahun penjara.

”Dia ini masih jaringan Freddy Budiman,” kata Kepala Tim Narcotic Investigation Center (NIC) Direktorat IV Narkotika Bareskrim Mabes Polri AKBP Kristian Siagian kemarin. Selain menyita narkoba, polisi menangkap IR, penjaga LP Cipinang. ”Diduga dia membantu agar barang tersebut bisa masuk penjara. Kami dalami lagi keterlibatannya atau ada yang lainnya ikut terlibat,” ujarnya.

Setelah LP Cipinang, polisi langsung menggeledah Rutan Salemba, Jakarta Pusat, kemarin. ”Untuk mengambil Mr Kim dan Acuan,” ucap Kristian. Di Rutan Salemba penjemputan dan penggeledahan yang dilakukan Bareskrim Mabes Polri sempat ricuh dengan petugas disana. Mereka enggan memberi izin kepada polisi untuk memasuki wilayah mereka.

Sejumlah polisi dengan senjata lengkap laras panjang dihadang petugas Rutan Salemba dengan alasan penggeledahan itu melanggar prosedur. Akhirnya polisi dan petugas Rutan Salemba sepakat bersama- sama menggeledah. Hasilnya dua orang tahanan dibawa.

Bersama keduanya diamankan telepon genggam, laptop, dan ratusan lembar mirip prangko. Terkait temuan narkotika, Kepala LP Cipinang Krismono berkilah bahwa dia telah bekerja maksimal dalam melakukan penjagaan dan pengawasan para narapidana.

”Kami sudah ketat terhadap setiap pengunjung, setiap bawaan mereka digeledah. Tapi, modus operandi mereka luar biasa, mereka bisa menyelundupkan narkoba lewat makanan, bahkan buah bisa disisipi narkoba,” keluhnya.

helmi syarif/ ridwansyah/ khoirul muzzaki
(ftr)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5803 seconds (0.1#10.140)