230 Personel Kopasgat Dikerahkan Amankan 12 Bandara Rawan di Papua

Rabu, 04 Januari 2023 - 11:17 WIB
loading...
230 Personel Kopasgat Dikerahkan Amankan 12 Bandara Rawan di Papua
Sebanyak 230 personel Kopasgat TNI A dikerahkan untuk mengamankan 12 bandara rawan di Papua. Foto/dok.SINDOnews
A A A
JAKARTA - Sebanyak 230 personel Komando Pasukan Gerak Cepat (Kopasgat) TNI dikerahkan untuk mengamankan bandara rawan di Papua . Mereka tiba di Base Ops Lanud Silas Papare, Sentani, Jayapura, Selasa (3/1/2023).

"Jumlah personel ada 230, dari satuan Kopasgat (Batalyon Komando) 468 Biak," ujar Kapendam XVII/Cenderawasih Kolonel Kav Herman Taryaman saat dikonfirmasi, Rabu (4/1/2023) pagi.

Dalam upacara penyambutan, Pangdam XVII/Cenderawasih Mayjen TNI Muhammad Saleh menjelaskan kondisi di wilayah Papua masih rawan gangguan keamanan, dan ketertiban yang mengakibatkan korban jiwa dan kerusakan sarana prasarana infrastruktur lainnya.



Dalam bertugas, kata Saleh, Kopasgat yang baru harus memperhatikan aturan, dan menghindari terjadinya kesalahan prosedur maupun pelanggaran Hak Asasi Manusia (HAM).

"Menyikapi hal ini, saya berharap kepada Satgas Kopasgat yang akan melaksanakan tugas agar melaksanakan dengan sebaik-baiknya, selalu waspada, pahami tugas pokok dan aplikasikan materi pratugas yang diterima," kata Saleh melalui keterangan resminya, Selasa (3/1/2023).



"Selain itu saya berharap kepada Para Komandan agar senantiasa melakukan upaya-upaya beradaptasi dengan wilayah tempat bertugas, guna menghindari terjadinya kesalahan prosedur maupun pelanggaran Hak Asasi Manusia. Laksanakan tugas secara profesional, proposional sehingga keberhasilan tugas akan dicapai pada akhirnya," sambungnya.

Berikut sebaran personel Kopasgat di 12 bandara rawan di Papua:

1. Pos Bandara Ilaga
2. Pos Bandara Sugapa
3. Pos Bandara Oksibil
4. Pos Bandara Wamena
5. Pos Bandara Moanamani
6. Pos Bandara Nabire
7. Pos Bandara Mulia
8. Pos Bandara Tanah Merah
9. Pos Bandara Merauke
10. Pos Bandara Jayapura
11. Pos Bandara Enarotali
12. Pos Bandara Timika
(muh)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1619 seconds (0.1#10.140)