TGB Umumkan Lomba Video Pendek Toleransi dan Persaudaraan Manusia, Ini Juaranya

Jum'at, 30 Desember 2022 - 19:40 WIB
loading...
TGB Umumkan Lomba Video Pendek Toleransi dan Persaudaraan Manusia, Ini Juaranya
Anggota Komite Eksekutif MHM TGB Zainul Majdi. FOTO/IST
A A A
JAKARTA - Majelis Hukama Muslimin (MHM) Cabang Indonesia mengumumkan hasil lomba video pendek toleransi dan persaudaraan manusia. Video pendek bertajuk Harmonisasi Kota Mentok terpilih menjadi juaranya.

Pendaftaran lomba video pendek ini dibuka sejak 17 Oktober hingga 30 November 2022. Total ada 78 pendaftar. Sebagai dewan juri adalah Lukman Hakim Saifuddin (Menag 2014–2019), Ahsan Andrian (praktisi dan akademisi perfilman), dan TGB Zainul Majdi (anggota Komite Eksekutif MHM).

"Alhamdulillah, cukup banyak peserta yang mengirim video pendeknya. Setelah melalui proses penilaian, dewan juri menetapkan Harmonisasi Kota Mentok sebagai pemenangnya," kata TGB Zainul Majdi di Jakarta, Jumat (30/12/2022).



Menurutnya, video pemenang lomba ini didaftarkan oleh peserta atas nama Rian Apriansyah. Video dokumenter ini berkisah tentang kerukunan umat beragama di Kota Mentok, Bangkat Barat, Bangka Belitung. Harmoni umat di sana tidak terlepas dari keberadaan Klenteng Kong Fuk Miau dan Masjid Jami'.

Kedua bangunan ini dibangun bersebelahan dan menjadi simbol keberagaman serta toleransi umat beragama di sana, sejak zaman dulu. Hingga saat ini, tidak ada konflik antaragama di antara mereka. Orang Tionghoa dan masyarakat muslim hidup rukun. Mereka bisa saling berinteraksi di pasar, berbagi cerita di warung kopi, hingga berbagi tempat (klenten dan masjid) pelaksanaan suatu acara.

Menempati juara dua, lanjut TGB, adalah video pendek bertajuk Transisi. Video karya Fadrizki Pratama ini berlatar kehidupan masyarakat Kota Bekasi. Video tersebut bekisah tentang proses pengurusan izin mendirikan rumah ibadah. Tidak jarang, proses ini bisa menimbulkan konflik antarumat.

Baca juga: TGB: Indonesia Tak Pernah Ketinggalan dalam Wujudkan Perdamaian Dunia

"Video ini mencoba menonjolkan sisi lain dari cara berkomunikasi tokoh agama dan juga kesadaran hidup antar umat di lokasi tersebut sehingga penyebab terjadinya konflik bisa dihindari," kata TGB.

"Video berjudul Transisi ini cukup menginspirasi tentang pentingnya toleransi," katanya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1911 seconds (0.1#10.140)