Langka! Dalam Sejarah Polri Cuma 3 Kapolri Penerima Brevet Komando dari Kopassus

Jum'at, 30 Desember 2022 - 06:26 WIB
loading...
Langka! Dalam Sejarah Polri Cuma 3 Kapolri Penerima Brevet Komando dari Kopassus
Tiga Kapolri penerima brevet Komando dari pasukan elite Kopassus. (Kiri ke kanan) Jenderal Polisi (Purn) Sutanto, Jenderal Polisi (Purn) Timur Pradopo, dan Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo. Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Komando Pasukan Khusus ( Kopassus ) menyematkan brevet Komando kepada Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo. Dalam sejarah Polri, ini merupakan penyematan ketiga yang diberikan pasukan elite TNI AD kepada Kapolri.

Pemberian brevet kehormatan yang dilakukan Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Dudung Abdurachman dan Komandan Jenderal (Danjen) Kopassus Mayjen TNI Iwan Setiawan dilakukan dalam upacara di Lapangan Makopassus, Cijantung, Jakarta Timur, Selasa 27 Desember 2022.



Dilansir dari tni.mil.id, brevet ini merupakan wujud penghargaan Kopassus kepada pejabat tinggi dan mantan pejabat tinggi TNI dan Polri atas peran serta dedikasinya dalam meningkatkan kerja sama yang selama ini terjalin dengan Kopassus.

Berikut ini Kapolri yang menerima Brevet Komando:

1. Jenderal Polisi (Purn) Sutanto

Kapolri ke-18 ini merupakan abituren Akademi Kepolisian (Akpol) 1973 sebagai lulusan terbaik peraih Adhi Makayasa. Jenderal Polisi Sutanto menjadi Kapolri pertama yang mendapat brevet Komando, Baret Merah, dan pisau Komando dari Kopassus sejak institusi Polri berdiri.

Penyematan brevet Komando kepada pria kelahiran Comal, Pemalang, Jawa Tengah pada 30 September 1950 ini dilakukan pada 23 Januari 2008 diera kepemimpinan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

Dilansir dari museumpolri.org, Jenderal Polisi Sutanto menjabat sebagai Kapolri pada 8 Juli 2005 hingga 30 September 2008 menggantikan Jenderal Polisi Da'i Bachtiar. Selain brevet Komando, Sutanto juga menerima brevet lainnya antara lain, brevet Hiu Kencana dari TNI AL dan Wing Penerbang dari TNI AU.

2. Jenderal Polisi (Purn) Timor Pradopo
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1709 seconds (0.1#10.140)