Sandiaga Diisukan Akan Gabung PPP, Sufmi Dasco Ungkap Reaksi Prabowo

Kamis, 29 Desember 2022 - 16:58 WIB
loading...
Sandiaga Diisukan Akan Gabung PPP, Sufmi Dasco Ungkap Reaksi Prabowo
Politikus Partai Gerindra, Sandiaga Uno dikabarkan akan bergabung dengan PPP dan hal ini mendapat respons dari Ketua Harian DPP Gerindra Sufmi Dasco Ahmad. Foto/Istimewa
A A A
JAKARTA - Politikus Partai Gerindra, Sandiaga Uno dikabarkan akan bergabung dengan PPP. Namun merespons isu ini, Ketua Harian DPP Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad menyatakan, Gerindra belum menerima surat pengunduran diri Sandiaga dari Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra.

Sandiaga yang dikabarkan akan bergabung dengan PPP, namun Undang-Undang (UU) Nomor 2 Tahun 2008 tentang Partai Politik (Parpol) mengatur bahwa keanggotaan parpol lama akan otomatis gugur jika yang bersangkutan bergabung ke parpol lain.

"Undang-Undang Partai Politik kalau seseorang sudah beralih menjadi kader partai lain, itu otomatis keanggotaan partai sebelumnya gugur. Kita tunggu saja nanti rilis dari PPP atau rilis dari yang bersangkutan (Sandiaga)," kata Dasco kepada wartawan di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Kamis (29/12/2022).

Baca juga: PPP Tawarkan Sandiaga Uno Jadi Kandidat Ketum?

Apakah Gerindra akan mempertahankan Sandiaga, menurut Dasco, itu merupakan hak seseorang untuk mencalonkan diri atau dicalonkan sebagai capres atau cawapres, sehingga ia mempersilakan Sandi untuk berpindah partai, karena Gerindra sudah memastikan, tiketnya akan diberikan pada Prabowo Subianto.

"Itu silakan saja, namanya juga ada keinginan bahwa kemudian di Gerindra tentunya sudah pasti slotnya cuma satu Pak Prabowo. Kalau ada pengen juga dari Gerindra, yang mau berarti harus ambil slot lain dari partai lain. Saya pikir enggak ada masalah semua anak bangsa kompetisi secara sehat saja dan sesudahnya sama-sama membangun bangsa dan negara," terangnya.

Wakil Ketua DPR ini pun mengungkapkan bagaimana respons Prabowo saat mendengar kabar tersebut pada Rabu (28/12/2022). Menurutnya, Prabowo tidak berkomentar apapun melainkan hanya tersenyum, dan kemudian tidak ada pembahasan lebih lanjut.

"Kemarin saya ketemu Pak Prabowo. Pak Prabowo kebetulan diceritakan soal berita ini. Tidak ada komentar apa-apa saja kecuali senyum-senyum saja pak Prabowo. ya sudah karena tidak ada pembahasan lebih lanjut ya sudah kita enggak bahas," ungkapnya.

Apakah itu isyarat bahwa Prabowo ikhlas, Dasco mengaku tidak tahu apa arti senyum Prabowo karena ia tidak bertanya. Dan hingga saat ini belum ada surat resmi pengunduran diri Sandi kepada Prabowo atau Partai Gerindra, karena ia baru mendengar dari teman-teman di PPP.

"Saya kan sudah jawab bahwa itu tidak ada surat pengunduran diri tidak ada juga penyampaian saya dengar teman-teman PPP. Nanti marilah kita tunggu ya rilis dari...Saya lihat juga kemarin statement saya disambut meriah di PPP. Kelihatannya memang sudah tanda-tanda mendekati akhir tahun menjadi jelas dan terarah," jelas Dasco.
(maf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1858 seconds (0.1#10.140)