Mengenal Sosok Agoes Soebekti, Laksamana TNI yang Jadi Dankormar Pertama

Rabu, 28 Desember 2022 - 14:26 WIB
loading...
Mengenal Sosok Agoes Soebekti, Laksamana TNI yang Jadi Dankormar Pertama
Agoes Soebekti merupakan laksamana muda TNI yang pernah menjabat sebagai komandan korps marinir (Dankomar) pertama TNI Angkatan Laut. Foto DOK ist
A A A
JAKARTA - Agoes Soebekti merupakan laksamana muda TNI yang pernah menjabat sebagai komandan korps marinir (Dankomar) pertama TNI Angkatan Laut . Agoes menjabat sebagai komandan marinir pada dimulai pada tanggal 15 November 1945 sampai dengan 21 Juli 1947.

Laksamana muda merupakan pangkat perwira tinggi dalam TNI Angkatan Laut yang berada setingkat lebih tinggi dibanding Laksamana Pertama dan berada pada setingkat lebih rendah dari Laksamana Madya atau setara dengan Mayor Jenderal TNI Angkatan Darat.

Baca juga : KSAL Minta Perwira Lulusan Diktukpa TNI AL Tingkatkan Profesionalisme

Laksamana Muda TNI (Purn) Agoes Soebekti lahir di Semarang, Jawa tengah pada tanggal 5 April 1920 dan meninggal di Jakarta, pada 31 Januari 1988 atau tepat di usianya yang menginjak 67 tahun.

Selama hidupnya laksamana Agoes memperoleh pendidikan pertama di sekolah Belanda yakni Hollandsch Inlandsche School (HIS). HIS merupakan sekolah Belanda yang memiliki kesetaraan dengan Sekolah Dasar (SD).

Kemudian pada tahun 1938, ia melanjutkan pendidikan di sekolah Teknik Avondschool Atmodiromo Semarang menggambil jurusan Waterbouw. Setelah lulus pendidikan tekniknya, Laksamana Agoes melanjutkan Sekolah Pelayaran Tinggi pada tahun 1943.

Namun pada saat itu telah meletus perang akibat kekalahan Jepang terhadap sekutu, sehingga semua sekolah dibubarkan. Setelah diproklamasikan kemerdekaan Republik Indonesia, pemerintah membentuk BKR laut dan Laksamana Agoes tergabung didalamnya.

Dikutip dari koarmada2.tnial.mil.id, BKR atau Badan Keamanan Rakyat adalah cikal bakal terbentuknya TNI Angkatan Laut, yang pada awalnya dibentuk dengan tugas pemeliharaan keamanan negara dan rakyat Indonesia dari bangsa penjajah.

BKR telah menyelesaikan tugas pertamanya pada tanggal 15 Oktober 1945 yakni meletusnya pertempuran lima hari di Semarang melawan pasukan sekutu yang tergabung dalam AFNET atau lembaga pasukan sekutu yang ada di Indonesia.

Baca juga : Ini 3 Perwira Wanita TNI AL yang sandang Bintang 2
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.5774 seconds (0.1#10.140)