Waspada! Cuaca Ekstrem Berpotensi Terjadi di 11 Provinsi hingga Januari 2023

Senin, 26 Desember 2022 - 21:32 WIB
loading...
Waspada! Cuaca Ekstrem Berpotensi Terjadi di 11 Provinsi hingga Januari 2023
BMKG memerkirakan 11 provinsi berpotensi mengalami cuaca ekstrem mulai 25 Desember hingga 1 Januari 2023. FOTO/DOK.SINDOnews
A A A
JAKARTA - Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mengingatkan potensi cuaca ekstrem dalam beberapa hari ke depan. Berdasarkan data dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), 11 provinsi berpotensi mengalami cuaca ekstrem mulai 25 Desember hingga 1 Januari 2023.

"Ini menjadi perhatian kita karena sebagaimana disampaikan oleh BMKG bahwa sampai jelang nanti kita sudah melewati Natal sampai nanti Tahun Baru 2023 kita harus ekstra hati-hati karena potensi cuaca ekstrem masih ada, karena anomali cuaca di beberapa tempat," kata Plt Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Abdul Muhari saat konferensi pers secara virtual, Senin (26/12/2022).

Potensi cuaca ekstrem berupa hujan lebat hingga sangat lebat akan terjadi di 11 provinsi, yakni di Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Yogyakarta, Jawa Timur, Bali, NTB, NTT, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, dan Maluku.



"Sehingga ini kita mengingatkan kepada teman-teman pemerintah daerah potensi hujan lebat hingga sangat lebat. Kita sudah me-ranking provinsi dan kabupaten kota yang rawan banjir rawan longsor, ini benar harus ekstra hati-hati," kata Aam, sapaan akrabnya.

Sementara itu, potensi hujan sedang hingga lebat berpotensi terjadi di Aceh, Lampung, Sumatera Selatan, DKI Jakarta, Kalimantan tengah, Kalimantan Selatan, Maluku Utara, Papua Barat, dan Papua. Cuaca ekstrem seperti puting beliung, angin kencang disertai hujan deras, ternyata juga bisa berdampak cukup signifikan dan menyebabkan tanah longsor, gelombang pasang serta abrasi.

"Masih ada daerah yang belum kering sehingga dikhawatirkan kemudian daerah-daerah yang baru saja terkena banjir juga kembali basah. Jadi benar-benar kesiapsiagaan masyarakat harus kita siapkan dan juga peran dari pemerintah daerah aparat TNI Polri dan BPBD juga harus disiapkan terutama komunitas," katanya.

Baca juga: Cuaca Ekstrem Berpotensi Terjadi hingga Awal Tahun 2023, Berikut Daftar Wilayahnya
(abd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1386 seconds (0.1#10.140)