Hari Pertama Operasi Lilin 2022: 114 Kecelakaan, 18 Meninggal Dunia

Sabtu, 24 Desember 2022 - 11:49 WIB
loading...
Hari Pertama Operasi Lilin 2022: 114 Kecelakaan, 18 Meninggal Dunia
Direktur Penegakan Hukum Korlantas Polri Brigjen Pol Aan Suhanan dalam konferensi pers di Gedung NTMC Korlantas Polri, Jakarta, Sabtu (24/12/2022). Foto/MPI/Widya Michella Nur Syahida
A A A
JAKARTA - Korps Lalu Lintas ( Korlantas ) Polri mencatat terjadi 114 kecelakaan di seluruh Indonesia pada hari pertama pelaksanaan Operasi Lilin 2022 , Jumat, 23 Desember 2022. Dari jumlah kecelakaan tersebut, 18 orang meninggal dunia dan seratusan orang lainnya luka-luka.

"Hari pertama Operasi Lilin 2022 ada 114 kejadian, dengan korban meninggal dunia 18 orang, luka berat 10 orang, luka ringan 123 orang,” kata Direktur Penegakan Hukum Korlantas Polri Brigjen Pol Aan Suhanan dalam konferensi pers di Gedung NTMC Korlantas Polri, Jakarta, Sabtu (24/12/2022).

Dia menjelaskan, belum ada kenaikan jumlah pengendara secara signifikan pada hari pertama Operasi Lilin 2022. Dia menyebut arus lalu lintas dari wilayah Jabodetabek ke arah timur terjadi peningkatan namun masih normal.



"Ada peningkatan namun sampai tadi pagi kita tidak melakukan rekayasa lalu lintas baik di arteri Pantura, jalan nasional, jalur tengah, kemudian di tol dari arah Jabodetabek ke arah Jawa kita tidak melakukan rekayasa lalu lintas," tuturnya.

Dia menambahkan, beberapa ruas jalan tol juga berjalan dengan lancar, baik di Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu), Sayung-Demak, Bogor-Ciawi-Sukabumi (Bocimi), hingga Cibadak Sukabumi terpantau normal dan lancar.

"Artinya seluruh kegiatan pada hari pertama kemarin ini masih berjalan normal reguler walaupun ada peningkatan arus dari arah Jabodetabek ke arah timur," tuturnya.

Lalu, secara keseluruhan berdasarkan laporan dari jajaran untuk tol arteri maupun wisata termasuk Puncak Bogor juga terpantau normal. "Jadi secara keseluruhan seluruh Polda untuk hari pertama Nataru ini berjalan aman lancar baik di tol arteri maupun di jalur wisata," ungkapnya.

Kemudian, pada tengah malam, kata dia, telah terjadi penurunan arus lalu lintas, puncaknya pada pukul 17.00 WIB hanya ada sekitar 4.000 lebih perjamnya. Korlantas Polri, lanjut dia, akan tetap fokus untuk arus lalu lintas terutama di jalur wisata yang diprediksi akan mengalami kenaikan jumlah kendaraan.

"Wisata puncak maupun daerah wisata lainnya puncak hari ini sudah kita berlakukan contra flow di Ciawi karena ada peningkatan arus mudah-mudahan tidak juga kita lakukan rekayasa lalu lintas ke atas," katanya.

Kemudian pada malamnya, pihaknya akan fokus ke tempat tempat ibadah umat kristiani jelang perayaan Natal 2022. "Nanti malam kita sudah fokus ke tempat-tempat ibadah jalur di sekitar tempat peribatan dan mungkin beberapa wilayah akan melakukan rekayasa lalu lintas untuk memperlancar sekitar tempat peribadatan," pungkasnya.
(rca)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1825 seconds (0.1#10.140)