Gelar Haul ke-13 Gus Dur, HISNU Doakan Ganjar Presiden 2024

Jum'at, 23 Desember 2022 - 23:24 WIB
loading...
Gelar Haul ke-13 Gus Dur, HISNU Doakan Ganjar Presiden 2024
Himpunan Santri Nusantara (HISNU) menggelar Tahlil Akbar dalam rangka Haul ke-13 Gusdur dengan menggelar Gema Sholawat dan doa. Foto/Istimewa
A A A
JAWA TIMUR - Himpunan Santri Nusantara (HISNU) menggelar Tahlil Akbar dalam rangka Haul ke-13, K.H. Abdurrahman Wahid (Gus Dur). Hisnu juga menggelar Gema Sholawat dan doa untuk kebaikan untuk bangsa Indonesia.

Koordinator Nasional HISNU, Gus Yusub Hidayat mengungkapkan, haul ini digelar karena santri punya kewajiban untuk meneladani perjuangan Gus Dur sebagai ulama yang menyebarkan Islam dengan cinta damai, serta pengabdiannya bangsa dan negara Indonesia.

“Perjuangannya adalah bagaimana kita cinta kepada semua orang, sehingga semua itu didasari atas ibadah sosial,” kata Yusub dalam keterangannya, Jumat (23/12/2022).

Dalam doa mereka juga terselip permohonan agar Indonesia diberi pemimpin yang baik, cinta rakyat, nasionalis, religius, menjunjung tinggi toleransi, mengusung moderasi beragama dan peduli pada kalangan pesantren.

Menurut HISNU, sosok pemimpin itu ialah Ganjar Pranowo yang saat ini menjadi gubernur Jawa Tengah (Jateng).

”Kita berdoa semoga Indonesia berikan keselamatan dan semakin maju. Kita juga berdoa agar Indonesia dipimpin oleh Pak Ganjar Pranowo, karena menurut kami Pak Ganjar yang pantas untuk Presiden 2024,” tegas Yusub.

HISNU selalu mensosialisasikan figur dan program kerja Ganjar. Menurutnya, HISNU dalam program kerjanya tidak hanya memberi bantuan pada masyarakat hingga menyantuni anak yatim, tapi juga meneladani kiai, di antaranya dengan menggelar Haul Gus Dur.

“Kita ingin meneladani beliau (Gus Dur), bagaimana terus berjuang. Kalau bahasanya Pak Ganjar ketika ziarah ke Makam Gus Dur, bahwa Gus Dur adalah pahlawan kemanusiaan,” katanya.

Kiai Zainul menambahkan, Haul Gus Dur ini sekaligus mencari berkah dari kiai yang praktik dan keilmuan dalam bidang keislaman serta keindonesiaannya, telah diakui banyak kalangan.

“Haul ini untuk ngalap berkah. Selain itu, kita semua hadir di sini adalah bagian dari untuk merangkai, mendoakan Pak Ganjar Pranowo agar menjadi Presiden RI di 2024,” ujar Zainul.

Kegiatan ini dihadiri perwakilan HISNU se-Kecamatan Nganjuk, Pengasuh Ponpes Mamba’ul Huda, KH Muhammad Zainul Waroh, serta masyarakat sekitar.
(ams)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1738 seconds (0.1#10.140)