Mendagri Anugerahi Gubernur Jatim Penghargaan Provinsi Terinovatif di Indonesia

Jum'at, 23 Desember 2022 - 21:05 WIB
loading...
Mendagri Anugerahi Gubernur Jatim Penghargaan Provinsi Terinovatif di Indonesia
Mendagri Muhammad Tito Karnavian memberikan penghargaan kepada Gubernur Khofifah Indar Parawansa sebagai juara pertama provinsi terinovatif di Indonesia. Foto/istimewa
A A A
JAKARTA - Kementerian Dalam Negeri ( Kemendagri ) menganugerahi Pemprov Jawa Timur penghargaan Innovative Government Award (IGA) 2022 sebagai juara pertama kategori provinsi terinovatif. Provinsi yang dipimpin Gubernur Khofifah Indar Parawansa ini dinilai sebagai provinsi terinovatif di Indonesia.

Selain Provinsi Jawa Timur, provinsi lainnya yang menerima penghargaan tersebut yakni Provinsi Jawa Tengah (Jateng), Provinsi Bali, Provinsi Jawa Barat (Jabar), Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel), Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) dan Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB).

Penghargaan berupa piagam tersebut diserahkan langsung oleh oleh Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Jenderal Polisi (Purn) Muhammad Tito Karnavian kepada Gubernur Khofifah Indar Parawansa di Ruang Sasana Bhakti Praja Kemendagri Jakarta, Jumat (23/12/2022).



Mendagri Tito Karnavian mengatakan, IGA Award 2022 merupakan inovasi di bidang pemerintahan yang diberikan kepada seluruh pemerintah daerah dengan melibatkan tim seleksi dari Bappenas, Kemenpan RB, Kemenko Polhukam, akademisi dari Universitas Gajah Mada (UGM) dan Universitas Indonesia (UI) serta media sehingga hasilnya objektif, adil dan jujur.



"Jadi acara ini tidak sekadar ritual tahunan tetapi mendorong daerah-daerah untuk membuat inovasi atau terobosan kreativitas di era otonomi daerah karena ruang kreasi lebih besar," ujarnya.

Dengan membuat inovasi kreatif sesuai aturan hukum yang berlaku, Tito optimistis mampu mendorong setiap daerah untuk berinovasi sehingga terjadi iklim kompetitif antar kepala daerah untuk memajukan daerahnya masing-masing. "Ketika ada inovasi, maka tumbuh iklim yang kompetitif antar kepala daerah utamanya kepala daerah di daerah-daerah," ungkapnya.

Menurut Tito, partisipasi indeks inovasi meningkat dari tahun ke tahun. Untuk itu, Tito mengusulkan kepada Kementerian Keuangan (Kemenkeu) bagi daerah yang mendapat penghargaan mendapatkan Dana Insentif Daerah (DID) supaya motivasi nya lebih tinggi lagi. Sedangkan daerah yang belum mendapatkan penghargaan ini, mereka terpacu untuk berinovasi. "Inovasi jantungnya kemajuan dan untuk pemerintah jantungnya birokrasi," tuturnya.

Sementara itu, Gubernur Khofifah mengungkapkan penghargaan yang diterima ini merupakan hasil kerja keras semua pihak. Khususnya Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemprov Jatim yang terus melakukan inovasi untuk meningkatkan layanan bagi masyarakat.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1929 seconds (0.1#10.140)