Ada Potensi Cuaca Ekstrem saat Nataru, BMKG Imbau 12 Provinsi Ini Siaga

Rabu, 21 Desember 2022 - 04:46 WIB
loading...
Ada Potensi Cuaca Ekstrem saat Nataru, BMKG Imbau 12 Provinsi Ini Siaga
Kepala BMKG Dwikorita Karnawati menyebut ada 12 provinsi siaga cuaca ekstrem saat Nataru. Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika ( BMKG ) memprediksi adanya potensi cuaca ekstrem yang bertepatan dengan libur mudik Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 (Nataru) sampai dengan arus balik nanti.

Kepala BMKG Dwikorita Karnawati memberikan rincian daerah mana saja yang dikategorikan status siaga cuaca ekstrem beserta tanggalnya. “Nah, kemudian dengan fenomena 4 fenomena yang terjadi bersamaan itu maka BMKG melakukan prakiraan berbasis dampak dan dari prakiraan itu terdeteksi adanya potensi untuk Siaga ya,” kata kata Dwikorita dalam konferensi pers BMKG secara daring, Selasa (20/12/2022) malam.

Dwikorita menjelaskan, terjadinya cuaca ekstrem pada 21-23 Desember 2022 ada di wilayah-wilayah di 12 provinsi yang dikategorikan perlu siaga potensi cuaca ekstrem. Di antaranya sebagian wilayah Aceh, sebagian wilayah Sumatera Utara (Sumut), sebagian wilayah Riau, sebagian wilayah Jawa Barat (Jabar).


Kemudian, sebagian wilayah Jawa Tengah (Jateng), sebagian wilayah Jawa Timur (Jatim), sebagian wilayah Nusa Tenggara Timur (NTT), sebagian wilayah Kalimantan Barat (Kalbar), sebagian wilayah Kalimantan Timur (Kaltim), sebagian wilayah Kalimantan Utara (Kaltara) dan sebagian wilayah Maluku, dan sebagian wilayah Papua.

Kemudian, sambung Dwikorita, khusus untuk 24 Desember 2022 potensi siaga dari prakiraan berbasis dampak diprediksi di sebagian wilayah Jateng, Jatim, dan Sulawesi Selatan (Sulsel). “Jadi tanggal 24 ada 3 Provinsi, tanggal 21 sampai 23 ada 12 provinsi,” imbuhnya.



Dwikorita memaparkan prakiraan yang ia sampaikan hanya sampai level provinsi. Untuk resolusi yang lebih tinggi atau sampai level kecamatan, dia meminta agar masyarakat dapat mengakses laman resmi BMKG signature.bmkg.go.id.

Sedangkan potensi hujan dengan intensitas signifikan, Dwikorita melanjutkan, mulai periode 25 Desember 2022-1 Januari 2023, perlu diwaspadai di beberapa wilayah di 11 provinsi yakni, Banten, Jabar, Jateng, Yogyakarta, Jatim, Bali, NTB, NTT, Sulsel, Sulawesi Tenggara (Sultra), dan Maluku, yang berpotensi mengalami hujan lebat hingga sangat lebat, bahkan dikawatirkan dapat menjadi ekstrem.

“Apalagi saat ini memang memasuki puncak musim hujan selain keempat fenomena tadi, keempat fenomena yang terjadi bersamaan sebetulnya juga kita sedang mengalami puncak musim hujan,” terang Dwikorita.

Kemudian, ada 9 provinsi pada periode itu yang berpotensi mengalami hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yaitu Aceh, Lampung, Sumatera Selatan, DKI Jakarta, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Maluku Utara, Papua Barat, dan Papua. “Itu tadi untuk cuaca di perjalanan darat ya, di perjalanan darat,” tegasnya.
(cip)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2051 seconds (0.1#10.140)