Biar Kalah Terkenal dari Prabowo dan Anies, Ganjar Paling Disukai

Selasa, 20 Desember 2022 - 16:07 WIB
loading...
Biar Kalah Terkenal dari Prabowo dan Anies, Ganjar Paling Disukai
Survei SMRC mencatat Ganjar Pranowo kalah terkenal dibandingkan Prabowo Subianto dan Anies Baswedan tetapi paling disukai masyarakat. Foto/dok.SINDOnews
A A A
JAKARTA - Ganjar Pranowo ternyata kalah terkenal dibandingkan Prabowo Subianto dan Anies Baswedan. Meskipun demikian, Ganjar paling disukai oleh masyarakat. Hal tersebut disampaikan Direktur Riset Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC), Deni Irvani dalam publikasi 'Trend Dukungan Bakal Calon Presiden' pada Selasa (20/12/2022).

"Dari Maret 2021 ke Desember 2022 awareness Ganjar naik dari 54% menjadi 75%, sementara awareness Anies naik dari 81% menjadi 86%, dan hampir semua pemilih sudah tahu Prabowo (95%). Yang tahu Puan sekitar 69% dan yang tahu Airlangga baru 39%," ujar Deni.

Ia mengungkapkan sampai saat ini nama Prabowo Subianto paling populer. Hampir semua responden tahu Prabowo (95%).



"Setelah Prabowo, tokoh yang banyak dikenal adalah Anies Baswedan 86%. Ganjar, Puan, dan Airlangga memiliki tingkat kedikenalan lebih rendah: Ganjar baru dikenal oleh 75% pemilih, Puan Maharani 69%, Airlangga 39%," jelasnya.

Namun temuan penting dalam survei ini kata Deni Irvani adalah tingkat penerimaan atau likeability calon.

"Ganjar Pranowo paling disukai dibanding tokoh lain (disukai oleh 87% dari yang tahu). Tingkat kesukaan Ganjar lebih positif dari Anies Baswedan (78%) dan Prabowo Subianto (77%)," jelas Deni Irvani.

Sementara Airlangga Hartarto dan Puan Maharani memiliki tingkat kedisukaan yang lebih rendah. Yang suka Airlangga 70%, dan Puan Maharani hanya 49%.

"Tingkat penerimaan Ganjar yang positif menjelaskan mengapa dukungan kepada Ganjar sementara lebih tinggi dari calon-calon lain. Ganjar Pranowo mendapatkan dukungan publik lebih besar karena relatif lebih diterima atau disukai oleh publik," ucap Deni.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.6100 seconds (0.1#10.140)