Jelang Nataru 2023, Basarnas Petakan Wilayah Rawan Bencana

Selasa, 20 Desember 2022 - 06:47 WIB
loading...
Jelang Nataru 2023, Basarnas Petakan Wilayah Rawan Bencana
Deputi Bidang Operasi Pencarian dan Pertolongan, dan Kesiapsiagaan Basarnas, Laksda TNI Eko Suyatno mengatakan, Basarnas petakan wilayah rawan bencana jelang Nataru 2023. Foto/MPI
A A A
JAKARTA - Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) akan memfokuskan pengamanan di titik rawan bencana saat perayaan Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2023. Saat ini bencana hidrometeorologi masih mengancam sejumlah wilayah Indonesia.

"Sesuai tugas fungsi kami, wilayah yang rawan adalah ini ancamannya sesuai hidrometeorologi; tanah longsor, banjir, wilayah utara, banjir di jalan tol, ini juga jadi perhatian kita," kata Deputi Bidang Operasi Pencarian dan Pertolongan, dan Kesiapsiagaan Basarnas , Laksda TNI Eko Suyatno, Senin (19/12/2022).

Baca juga: Basarnas Peringatkan Warga Bantaran Sungai di Jakarta Waspada Banjir

Eko menegaskan, pihaknya terus berkoordinasi dengan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) terkait informasi tentang kondisi cuaca. Hal itu guna mitigasi awal kemungkinan bencana yang akan terjadi.

"Sehingga manakala ada sinyal dari BMKG menyampaikan akan adanya banjir rob, kami sudah menginfokan kepada kepala kantor SAR di Jakarta. Menyiapkan tim-timnya mengantisipasi, daerah-daerah banjir mana," ucapnya.

Sebagai informasi, Basarnas telah mengerahkan sebanyak 4.000 personel untuk siaga SAR Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2023. Ribuan personel itu ditempatkan di lokasi-lokasi strategis seperti pelabuhan, ruas jalan tol, bandara, terminal bus, dan tempat wisata.

Siaga SAR khusus Nataru dilaksanakan serentak mulai hari ini hingga tanggal 3 Januari 2023. "Sementara jumlah personel yang terlibat dalam Siaga SAR Khusus Nataru sebanyak 4.000 personel dari pusat dan UPT dengan dukungan dari potensi SAR sebanyak 11.755 personel," pungkasnya.
(maf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3101 seconds (0.1#10.140)