4.000 Personel Basarnas Disiagakan Jelang Natal dan Tahun Baru

Senin, 19 Desember 2022 - 17:49 WIB
loading...
4.000 Personel Basarnas Disiagakan Jelang Natal dan Tahun Baru
Deputi Bidang Operasi Pencarian, Pertolongan, dan Kesiapsiagaan Basarnas Laksda TNI Eko Suyatno. Foto/Istimewa
A A A
JAKARTA - Sebanyak 4.000 personel Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan ( Basarnas ) disiagakan untuk siaga SAR Natal dan Tahun Baru ( Nataru ). Rencananya, ribuan personel Basarnas itu bakal disebar di pos pelabuhan hingga bandara.

"Sementara jumlah personel yang terlibat dalam Siaga SAR Khusus Nataru sebanyak 4.000 personil dari pusat dan UPT dengan dukungan dari Potensi SAR sebanyak 11.755 personel,” kata Deputi Bidang Operasi Pencarian, Pertolongan, dan Kesiapsiagaan Basarnas Laksda TNI Eko Suyatno dalam keterangannya, Senin (19/12/2022).

Dia menjelaskan, Siaga SAR khusus Nataru dilaksanakan serentak mulai hari ini hingga 3 Januari 2023. Dia menambahkan, Basarnas sudah menempatkan personel dan alat utama di lokasi-lokasi strategis seperti pelabuhan, ruas jalan tol, bandara, terminal bus, dan tempat-tempat wisata.





Terkait alat laut (alut), Basarnas mengerahkan lima helikopter dan alat laut sebanyak 209 unit. Sedangkan peralatan dan sarana darat meliputi rescue truck (personel), rescue car, rescue compartment, rescue trail, dan ATV.

"Bahwa Basarnas dengan kekuatan personel, peralatan, maupun sarana prasarana yang dimiliki siap siaga menghadapi kedaruratan baik kecelakaan, bencana, maupun kondisi membahayakan manusia," ujarnya.

Lebih lanjut Eko mengatakan, posko Siaga SAR Khusus Basarnas berada di Basarnas Command Center (BCC) di Kantor Pusat Basarnas dan kantor masing-masing UPT. Basarnas juga menempatkan petugas siaga di Posko Terpadu Kementerian Perhubungan.

Karena itu, dengan persiapan tersebut pihaknya berkomitmen mewujudkan pelayanan SAR yang optimal melalui pelaksanaan Siaga SAR secara profesional, sinergi, aman dengan prinsip cepat tanggap (Quick Respons). “Kami siaga 24 jam nonstop, kepada masyarakat yang mengalami atau melihat kedaruratan mohon hubungi kami di 115,” pungkasnya.
(rca)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1196 seconds (0.1#10.140)