Sertijab Panglima TNI dari Jenderal Andika Perkasa ke Laksamana Yudo Margono Digelar Besok

Senin, 19 Desember 2022 - 14:59 WIB
loading...
Sertijab Panglima TNI dari Jenderal Andika Perkasa ke Laksamana Yudo Margono Digelar Besok
Jenderal Andika Perkasa dan Laksamana TNI Yudo Margono di Istana Negara, Jakarta, Senin (19/12/2022). Foto/Dispenal
A A A
JAKARTA - Acara serah terima jabatan (sertijab) Panglima TNI dari Jenderal Andika Perkasa kepada Laksamana TNI Yudo Margono digelar di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur, Selasa (20/12/2022). Yudo telah dilantik sebagai Panglima TNI oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Negara, Jakarta Pusat, Senin (19/12/2022).

"Besok ya sertijab di Mabes TNI," kata Yudo kepada wartawan di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (19/12/2022).

Diketahui, Yudo dilantik sebagai Panglima TNI menggantikan Jenderal TNI Andika Perkasa yang akan purnatugas pada 21 Desember 2022. Pelantikan Yudo berdasarkan Keputusan Presiden Republik Indonesia (Keppres) Nomor 91/TNI/2022 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Panglima Tentara Nasional Indonesia. Keppres tersebut ditetapkan di Jakarta pada 19 Desember.





“Demi Allah saya bersumpah, bahwa saya akan setia kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, serta akan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya demi darmabakti saya kepada bangsa dan negara. Bahwa saya dalam menjalankan tugas jabatan akan menjunjung tinggi etika jabatan berkerja dengan sebaik-baiknya dan dengan penuh rasa tanggung jawab. Bahwa saya akan menjujung tinggi sumpah prajurit,” ujar Presiden mendiktekan penggalan sumpah jabatan diikuti oleh Yudo.

Usai pengucapan sumpah dilakukan prosesi penanggalan dan penyematan tanda pangkat dan jabatan serta penyerahan tongkat komando Panglima TNI oleh Presiden Jokowi ke Yudo. Acara pelantikan itu dihadiri oleh Wakil Presiden Ma'ruf Amin, Presiden ke-5 RI Megawati Soekarnoputri, Ketua MK Anwar Usman, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, Jenderal TNI Andika Perkasa, Dua Kepala Staf, serta Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto.
(rca)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2449 seconds (0.1#10.140)