Umar Wirahadikusumah dan Try Sutrisno, Mantan Pangdam Jaya yang Menjadi Wapres Era Soeharto

Sabtu, 17 Desember 2022 - 12:49 WIB
loading...
Umar Wirahadikusumah dan Try Sutrisno, Mantan Pangdam Jaya yang Menjadi Wapres Era Soeharto
Dua mantan Pangdam Jaya ini kariernya melesat hingga menjadi Wakil Presiden (Wapres). Keduanya adalah Umar Wirahadikusumah dan Try Sutrisno. Foto/wapresri.go.id
A A A
JAKARTA - Dua mantan Pangdam Jaya ini kariernya melesat hingga menjadi Wakil Presiden (Wapres). Keduanya adalah Umar Wirahadikusumah dan Try Sutrisno.

Sejak Indonesia merdeka pada 17 Agustus 1945, terdapat 12 tokoh bangsa yang menjadi wakil presiden. Wakil Presiden pertama adalah Mohammad Hatta (Bung Hatta), sementara KH Ma'ruf Amin menjadi Wapres 2019-2024.

Dari 12 nama tersebut, terdapat dua tokoh yang berlatar belakang militer dan sama-sama pernah menjadi Panglima Komando Daerah Militer Jayakarta atau Pangdam Jaya. Keduanya adalah Umar Wirahadikusumah dan Try Sutrisno. Keduanya mendampingi Presiden Soeharto.

Jelang HUT ke-73 Kodam Jaya pada 24 Desember mendatang, berikut ini SINDOnews tampilkan profil singkat dua mantan Pangdam Jaya yang kariernya melesat hingga menjadi orang nomor 2 di Republik Indonesia:

1. Umar Wirahadikusumah

Umar Wirahadikusumah merupakan salah satu tokoh militer yang pernah menjadi Pangdam Jaya. Umar yang pangkat terakhirnya Jenderal TNI tercatat sebagai Wakil Presiden (Wapres) RI Periode 1983-1988.

Umar Wirahadikusumah lahir di Situraja, Sumedang , Jawa Barat, 10 Oktober 1924. Dikutip dari kepustakaan-presiden.perpusnas.go.id, pada masa awal Revolusi, sejumlah pemuda Sunda bergabung masuk tentara. Sebagian dari mereka berasal dari keluarga bangsawan, salah satunya Umar Wirahadikusumah.



Umar masuk tentara atas kesadarannya sendiri untuk membela Tanah Air. Umar menjadi Wakas Res. X Tasikmalaya (1946) dengan pangkat kapten. Kemudian, menjadi Ajudan Panglima Kodam (Pangdam) VI Siliwangi, yang ketika itu dijabat AH Nasution.

Anak dari pasangan Raden Rangga Wirahadikusumah dan Rd Ratnaningrum ini kemudian menduduki sejumlah jabatan lainnya seperti Komandan Batalyon (Danyon) 1-U/III Cirebon (1947) hingga Pangdam V/Jaya-1 (1961-l965). Saat menjabat Pangdam V/Jaya, Umar ikut menumpas G30S/PKI.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2485 seconds (0.1#10.140)