5 KSAL dengan Masa Jabatan Tersingkat, 2 di Antaranya Mantan Panglima TNI

Jum'at, 16 Desember 2022 - 15:14 WIB
loading...
5 KSAL dengan Masa Jabatan Tersingkat, 2 di Antaranya Mantan Panglima TNI
Terdapat sejumlah KSAL yang memiliki masa jabatan tersingkat. Salah satunya, Laksamana TNI (Purn) Agus Suhartono. Foto DOK ist
A A A
JAKARTA - Terdapat sejumlah KSAL yang memiliki masa jabatan tersingkat. Bukan karena kinerjanya yang kurang bagus, waktu jabatan pendek tersebut biasanya terjadi akibat yang bersangkutan mendapat promosi ataupun berpindah tugas.

Sekadar informasi, KSAL atau Kepala Staf TNI Angkatan Laut merupakan pejabat tertinggi di TNI Angkatan Laut. Dalam menjalankan tugasnya, seorang KSAL bertanggung jawab secara langsung kepada Panglima TNI.

Baca juga : 3 Panglima TNI Dengan Jabatan Tersingkat, Terakhir Hanya Tiga Bulan

Mengutip informasi dari Info Historia Buletin Kesejarahan TNI AL, Jumat (16/12/2022) Berikut deretan KSAL yang memiliki masa jabatan tersingkat.

1. Agus Suhartono

Laksamana TNI (Purn) Agus Suhartono merupakan purnawirawan pati TNI yang pernah menjabat Panglima TNI, tepatnya pada periode 2010-2013. Pria kelahiran 25 Agustus 1955 ini diketahui sebagai lulusan Akademi Angkatan Laut (AAL) 1978.

Sebelum menduduki posisi Panglima TNI, Agus Suhartono juga sempat menjabat berbagai jabatan strategis, termasuk di antaranya adalah Kepala Staf TNI Angkatan Laut (KSAL). Dia menempati posisi tersebut pada periode 2009-2010 atau kurang lebih setahun.

2. M. Pardi

Laksamana Muda TNI (Purn) dikenal sebagai sosok perintis BKR Laut Pusat yang menjadi cikal bakal TNI Angkatan Laut (AL). Tak hanya itu, dia juga dikenal sebagai “Bapak Pelayaran Indonesia”.

Dalam riwayatnya, pria kelahiran 1 Oktober 1901 pada akhirnya dikenal sebagai KSAL yang pertama. M. Pardi menduduki jabatan tersebut pada periode 1945-1946, tepat pasca kemerdekaan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1299 seconds (0.1#10.140)