Rian Ernest Mengundurkan Diri, Ini Daftar Panjang Pentolan yang Cabut dari PSI

Kamis, 15 Desember 2022 - 10:50 WIB
loading...
Rian Ernest Mengundurkan Diri, Ini Daftar Panjang Pentolan yang Cabut dari PSI
Ketua Umum PSI Giring Ganesha bersama Grace Natalie. Sejumlah pentolan memilih mundur dari PSI, terbaru adalah Rian Ernest. FOTO/DOK.SINDOnews
A A A
JAKARTA - Partai Solidaritas Indonesia (PSI) menghadapi situasi rumit menjelang Pemilu 2024. Beberapa pentolan partai memilih cabut atau mengundurkan diri dari partai yang sekarang dipimpin Giring Ganesha tersebut.

Sebut saja eks Ketua DPP PSI yang juga jubir andalan partai, Tsamara Amany dan Michael Victor Sianipar yang tak lain adalah mantan Ketua PSI DKI Jakarta. Sebelum keduanya, lebih dulu Sunny Tanuwidjaja yang menjabat Sekretaris Dewan Pembina PSI memilih mundur dari partai itu.

Kini satu lagi pentolan PSI menyatakan mundur dari kepengurusan partai. Dia adalah Rian Ernest Tanudjadja. Rian Ernest mundur dari posisinya sebagai Direktur Advokasi dan Bantuan Hukum DPP PSI.

Baca juga: Rian Ernest Mundur dari PSI, Ikuti Jejak Tsamara Amany

Kepastian mundur dari partai disampaikannya melalui tayangan video di media sosial miliknya, Kamis (15/12/2022).

"Para saudara dan sahabat pertama-tama saya mengucapkan terima kasih atas semua dukungan kritik maupun saran yang diberikan kepada saya selama perjalanan politik saya selama empat ke belakang," ujar Rian Ernest.

Dalam kesempatan itu, Rian Ernes mengucapkan terima kasih kepada jajaran pengurus PSI yang disebutnya telah menjadi rumah yang begitu hangat dan nyaman bagi dirinya selama 4 tahun ini.

"Namun kini saatnya saya mengambil keputusan yang berat tapi perlu saya lakukan. Melalui video ini saya menyatakan pengunduran diri saya dari Partai Solidaritas Indonesia, meski berat saya meyakini ini keputusan yang benar demi langkah politik saya kedepannya," tutur Rian Ernest.

Secara khusus Rian menyampaikan terima kasih juga kepada para petinggi PSI seperti Jeffrie Geovani, Giring Ganesha, Dea Tunggaesti, Raja Juli Antoni, dan Grace Natalie.

Baca juga: Ini Daftar Lengkap Nomor Urut Parpol Peserta Pemilu 2024

Belum disebutkan secara pasti apa alasan Rian mundur dari partai, termasuk apakah nantinya bergabung ke partai lain untuk melanjutkan karier politiknya. Namun mundurnya Rian ini diketahui menambah daftar panjang pentolan PSI jelang pemilu 2024. Pada pengumuman resmi KPU Rabu (14/12/2022), PSI resmi terdaftar sebagai peserta Pemilu 2024 dengan nomor urut 15.

Sementara itu, Juru Bicara PSI, Sigit Widodo ikut menanggapi soal mundurnya Rian Ernest dari PSI. Sigit mengaku tidak tahu alasan Rian mundur dari partai. Sigit hanya memastikan mundurnya Rian tak mempengaruhi perjuangan partainya ke depan.

"Sejarah akan membuktikan, mereka yang pindah akan berlabuh ke partai apa? Apakah partai yang bekerja sama dengan mantan koruptor di jajaran pengurus dan calon anggota legislatifnya? Apakah partai mereka akan mendukung orang yang meraih kekuasaan dengan mengandalkan politik indentitas? Semoga tidak. Waktu yang akan menjawab," kata Sigit saat dikonfirmasi MNC Portal, Kamis (15/12/2022).
(abd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1261 seconds (0.1#10.140)