4 Jenderal TNI yang Punya Mertua Satu Pangkat, Nomor Terakhir Menantu Mantan Presiden

Senin, 12 Desember 2022 - 16:11 WIB
loading...
4 Jenderal TNI yang Punya Mertua Satu Pangkat, Nomor Terakhir Menantu Mantan Presiden
Terdapat empat Jenderal TNI yang memiliki mertua seorang Jenderal TNI. Foto DOK ist
A A A
JAKARTA - Terdapat empat Jenderal TNI yang memiliki mertua seorang Jenderal TNI. Salah satunya adalah sosok Presiden Susilo Bambang Yudhoyono .

Seperti yang diketahui bahwa SBY menikahi Kristiani Herrawati yang merupakan anak dari Letjen TNI Sarwo Edhie Wibowo, mantan komandan Resimen Pasukan Komando Angkatan Darat (RPKAD), yang sekarang menjadi Kopassus.

Baca juga : 8 Jenderal TNI yang Memiliki Menantu Tentara, Nomor 3 Sukses Jadi Presiden

Rupanya terdapat beberapa Jenderal lain yang memiliki status yang sama dengan Susilo Bambang Yudhoyono.

Berikut empat Jenderal TNI yang memiliki mertua seorang Jenderal TNI :

1. Letjen Maruli Simanjuntak

Letnan Jenderal Maruli Simanjuntak yang saat ini tengah menjabat sebagai Pangkostrad merupakan suami dari Paulina Pandjaitan, anak dari Jenderal TNI Luhut Binsar Pandjaitan.

Luhut yang memiliki gelar Jenderal Kehormatan (HOR) ini merupakan pendiri dan Komandan Pertama Sekolah Pertempuran Khusus (Sepursus) Detasemen-81/Anti-Terror Kopassus pada 1986.

Pria yang kini tengah menjabat sebagai Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Republik Indonesia tersebut juga sempat menjabat sebagai Komandan Pendidikan dan Latihan TNI Angkatan Darat tahun 1997 hingga 1998 sebelum pensiun.

2. Jenderal Dudung Abdurachman

Jenderal TNI Dudung Abdurachman yang saat ini menjabat sebagai Kepala Staf TNI Angkatan Darat ini adalah suami dari Rahma Setyaningsih yang merupakan anak dari Jenderal Cholid Ghozali.

Mayor Jenderal yang telah meninggal pada 14 Maret 2020 ini sempat menjabat sebagai Koordinator Staf Ahli KSAD. Setelah pensiun dirinya juga pernah aktif sebagai Anggota DPR RI pada tahun 1996-1998.

Baca juga : Jenderal TNI yang Punya Menantu Seorang Prajurit, Nomor 1 dan 8 KSAD Dudung Abdurachman

3. Jenderal Andika Perkasa

Jarang yang tahu bahwa Jenderal Andika Perkasa merupakan menantu dari Jenderal Abdullah Mahmud Hendropriyono, yang merupakan sosok tokoh intelijen di militer Indonesia.

Pria berjuluk "the master of intelligence" ini adalah ayah dari Diah Erwiany yang merupakan istri dari Jenderal Andika.

Jenderal A.M. Hendropriyono sempat menjabat sebagai Direktur A Badan Intelijen Strategis ABRI pada 1993-1994, Panglima Kodam Jayakarta 1993-1994, hingga Komandan Kodiklat TNI AD tahun 1994-1996.

Setelah pensiun Jenderal Hendropriyono masuk ke dunia politik dan pernah menjadi Menteri Transmigrasi dan Pemukiman Perambah Hutan Republik Indonesia era Presiden Soeharto. Serta sempat menjadi Kepala Badan Intelijen Negara pada 2001 hingga 2004.

4. Letjen Prabowo Subianto

Letnan Jenderal Prabowo Subianto memiliki seorang mertua yang merupakan Presiden ke 2 RI, Jenderal Soeharto. Anaknya yang bernama Siti Hediati Hariyadi atau yang lebih dikenal Titiek Soeharto merupakan istri dari Menteri Pertahanan tersebut.

Selain merupakan Presiden Republik Indonesia, Soeharto juga merupakan seorang Jenderal Besar bintang lima.

Dikutip dari perpusnas.go.id, Jenderal Besar H.M. Soeharto telah menapaki perjalanan panjang di dalam karier militer dan politiknya. Di kemiliteran, Soeharto memulainya dari pangkat sersan tentara KNIL, kemudian komandan PETA, komandan resimen dengan pangkat Mayor dan komandan batalyon.

Jenderal Besar ini menghembuskan nafas terakhirnya pada 27 Januari 2006 setelah dirawat selama 24 hari di Rumah Sakit Pusat Pertamina, Jakarta Selatan.
(bim)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1197 seconds (0.1#10.140)