Daftar Peraih Pangkat Tituler di Indonesia Sepanjang Sejarah, Terbaru Deddy Corbuzier

Senin, 12 Desember 2022 - 14:31 WIB
loading...
Daftar Peraih Pangkat Tituler di Indonesia Sepanjang Sejarah, Terbaru Deddy Corbuzier
Terdapat sejumlah orang yang pernah meraih pangkat Tituler di Indonesia sepanjang sejarahnya. Foto DOK ist
A A A
JAKARTA - Terdapat sejumlah orang yang pernah meraih pangkat Tituler di Indonesia sepanjang sejarahnya. Tituler merupakan gelar atau pangkat untuk seseorang yang sepadan dengan jabatan keprajuritan yang dipangkunya, serendah-rendahnya Letnan Dua.

Belakangan, istilah pangkat tituler ini menjadi bahan perbincangan hangat di tengah masyarakat. Hal ini terjadi pasca Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto memberikan pangkat letnan kolonel tituler tersebut kepada public figure Deddy Corbuzier .

Baca juga : Ini Makna Pangkat Tituler yang Disematkan Prabowo ke Dedy Corbuzier

Berikut daftar peraih pangkat tituler di Indonesia sepanjang sejarah.

1. Deddy Corbuzier

Sosok Deddy Corbuzier tentu sudah tak asing lagi bagi sebagian masyarakat Indonesia. Pria yang pernah menjadi mentalis ini mendapatkan pangkat kehormatan Letnan Kolonel Tituler dari TNI AD beberapa waktu yang lalu.

Adapun pemberian pangkat ini diberikan oleh Menteri Pertahanan Prabowo Subianto dan sudah disahkan oleh Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa serta KSAD Jenderal Dudung Abdurachman.

2. Vira Nugraha Parantha Soemakno

Vira Nugraha Parantha Soemakno bersama dua orang lainnya yang berasal dari penerbang Garuda Indonesia mendapat pangkat kehormatan Tituler pada 23 April 2012.

Mengutip keterangan dari laman resmi TNI, penyematan dilakukan langsung oleh Komandan Lanud Halim Perdanakusuma Marsekal Pertama TNI A. Adang Supriyadi.

Dalam keterangan terkait, pemberian pangkat ini didasarkan pada Keputusan Panglima TNI Nomor/157/III/2012 Tanggal 15 Maret 2012 tentang pemberian pangkat Militer Tituler dan Surat Perintah Kepala Staf Angkatan Udara Nomor Sprin/416/IV/2012 Tanggal 11 April 2012, dengan ketentuan berupa penggunaan pangkat Militer Tituler ini hanya digunakan saat melaksanakan tugas saja.

Vira Nugraha mendapat pangkat kehormatan tersebut bersama Hilman Nugraha serta Dody Darmawan.

3. Hilman Nugraha

Hilman Nugraha mendapatkan pangkat Tituler pada 23 April 2012 bersama dengan penyematan yang dilakukan untuk Vira Nugraha Parantha Soemakno dan Dody Darmawan.

Berlangsung di Gedung Serba Guna Lanud Halim Perdanakusuma, prosesi juga disaksikan secara langsung oleh Kepala Dinas, Komandan Skadron, Kepala Seksi dan Perwira jajaran Lanud Halim Perdanakusuma.

4. Dody Darmawan

Berikutnya ada Dody Darmawan. Penerbang Garuda Indonesia ini mendapat pangkat Letkol Tituler di Gedung Serba Guna Lanud Halim Perdanakusuma pada 23 April 2012.

Tak seorang diri, penyematan tersebut juga dilakukan bersamaan dengan prosesi yang sama untuk Hilman Nugraha dan Vira Nugraha Parantha Soemakno.

Baca juga : Deddy Corbuzier Mendapat Pangkat Letkol Tituler AD, Disahkan Panglima TNI

5. Ludwig Bayu

Pangkat Tituler juga pernah disematkan kepada Captain Pilot Ludwig Bayu yang berstatus sebagai penerbang PT. Garuda Indonesia. Mengutip keterangan dari laman resmi TNI AU, penyematan dilakukan oleh Pangkoopsau I Marsda TNI Fadjar Prasetyo pada 30 Juli 2019.

Prosesi yang berlangsung di Ruang Refreshment Lobby Makoopsau I ini dihadiri juga oleh Kepala Staf Koopsau I Marsma TNI Andi Heru Wahyudi, Komandan Lanud Halim Perdana Kusuma Marsma TNI M. Tonny Harjono, dan masih banyak lainnya.

6. Teuku Nyak Arif

Teuku Nyak Arif merupakan salah seorang pahlawan nasional Indonesia. Mengutip informasi dari buku berjudul “Pahlawan Nasional Mayjen Teuku Nyak Arif” karya Drs. Mardanas Safwan, Nyak Arif banyak mengurus hal-hal militer dalam kedudukannya sebagai Residen Aceh.

Atas jasanya yang luar biasa di bidang militer, Teuku Nyak Arif diangkat sebagai anggota staf umum T.R.I Komandemen Sumatera dengan pangkat ‘Jenderal Mayor Tituler’. Hal ini dilakukan oleh Panglima T.R.I Komandemen Sumatera pada 7 Januari 1946.

7. Idris Sardi

Muhammad Idris Sardi dikenal sebagai seorang pemain biola legendaris asal Indonesia. Dalam riwayatnya, Idris pernah mendapat pangkat Letnan Kolonel Tituler pada tahun 1996.

Usut punya usut, hal ini dilakukan karena dia sebelumnya diminta untuk melatih musik para prajurit TNI AD. Saat itu, dirinya yang berasal dari kalangan biasa merasa tidak bisa memerintah, sehingga pada akhirnya dia mendapat pangkat tersebut.

Selain deretan nama di atas, masih ada sejumlah orang lainnya yang pernah mendapat pangkat Tituler dalam sejarah Indonesia. Berikut di antaranya:

-Teungku Muhammad Daud Beureu’eh
-Kiai Haji Darip Klender
-Kolonel Tituler Melanchton Siregar
-Hamengku Buwono IX
-Hamengku Buwono VIII
-Pakubuwana XII
-Pakubuwana X
-Soerjadi Soerjadarma
-Nugroho Notosusanto
-Mangkunegara VIII
-Mangkunegara VII
-Paku Alam VIII
-Paku Alam VII
-Paku Alam VI

Demikian ulasan mengenai daftar peraih pangkat Tituler di Indonesia sepanjang sejarahnya.
(bim)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1204 seconds (0.1#10.140)