Candaan Wapres saat Beri Nasihat Pernikahan Kaesang-Erina: Kalau Suami Tidur Ngorok, Terimalah

Sabtu, 10 Desember 2022 - 15:09 WIB
loading...
Candaan Wapres saat Beri Nasihat Pernikahan Kaesang-Erina: Kalau Suami Tidur Ngorok, Terimalah
Wapres Maruf Amin melontarkan candaan saat memberikan nasihat pernikahan Kaesang Pangarep dan Erina Gudono di Hotel Royal Ambarrukmo, Yogyakarta, Sabtu (10/12/2022). FOTO/IST
A A A
JAKARTA - Wakil Presiden ( Wapres) Ma'ruf Amin melontarkan candaan saat memberikan nasihat pernikahan Kaesang Pangarep dan Erina Gudono di Hotel Royal Ambarrukmo, Yogyakarta, Sabtu (10/12/2022). Wapres meminta kedua mempelai saling menerima kekurangan dan kelebihan masing-masing.

"Terimalah istri Anda dengan segala kelebihan dan kekurangan yang ada padanya. Terimalah suami Anda dengan segala kelebihan dan kekurangan apa adanya. Tidak ada suami yang sempurna, tidak ada istri yang sempurna, pasti ada kekurangannya, pasti ada cacatnya," kata Ma'ruf Amin yang juga merupakan seorang ulama ternama ini.

"Mungkin waktu belum nikah, belum tahu seperti apa suaminya itu, tapi setelah nikah nanti tahu, misalnya tahu-tahu kalau tidur ngorok misalnya. Terimalah suami Anda dengan segala apa yang ada padanya," tutur Wapres disambut tawa para tamu yang hadir.



Pun demikian dengan suami yang juga harus menerima istri apa adanya. "Perempuan juga tidak sama, perempuan ada yang sulit bicara, seminggu sekali ada, pelit bicara. Tapi ada perempuan yang kalau bicara tidak mau berhenti, kalau suaminya satu kalimat, istrinya kayak petasan, ter, ter, ter".

"Ada yang sulit senyum, jarang senyum, ada yang senyumnya tidak pernah berhenti-berhenti. Ada yang nurut, ada yang galak, terimalah dengan segala istri Anda yang ada padanya," kata mantan Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) ini.

Wapres meminta kepada kedua mempelai untuk meluruskan niat. "Luruskan niat kalian, niatkan supaya perkawinan kalian menjadi ibadah karena Allah, karenanya banyak amalan kelihatannya duniawi tapi dia menjadi amalan akhirat berpahala dengan sebab niat yang baik."

"Bahkan sebaliknya banyak amalan yang kelihatannya amalan akhirat tapi dia berubah menjadi amal duniawi, tidak berpahala bahkan berdosa karena niatnya tidak baik. Karena itu kamu luruskan niatnya niat ibadah kepada Allah," kata mantan Rais Aam PBNU ini.

Baca juga: Sah, Kaesang Pangarep dan Erina Gudono Resmi Menikah

Ma'ruf Amin pada kesempatan itu juga mengingatkan kepada para tamu yang hadir juga ikut meluruskan niat perkawinannya. "Dan saya ingatkan kepada pengantin yang sudah lama, yang barangkali dulu niatnya belum lurus, belum betul, saya anjurkan niat kembali, memperbaharui niatnya, mentajdidkan niatnya, membetulkan niatnya, mensahihkan niatnya, supaya sisa-sisa perkawinan itu diberkahi Allah SWT," katanya.
(abd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1445 seconds (0.1#10.140)