5 Panglima TNI Tertua Ketika Dilantik, 3 di Antaranya Ada di Era Presiden Jokowi

Jum'at, 09 Desember 2022 - 14:17 WIB
loading...
5 Panglima TNI Tertua Ketika Dilantik, 3 di Antaranya Ada di Era Presiden Jokowi
Panglima TNI merupakan pejabat yang berada di pucuk pimpinan Tentara Nasional Indonesia (TNI). Foto DOK ist
A A A
JAKARTA - Panglima TNI merupakan pejabat yang berada di pucuk pimpinan Tentara Nasional Indonesia (TNI). Dalam sejarahnya, tampuk kepemimpinan TNI telah banyak silih berganti.

Jika dirunut satu per satu, beberapa di antaranya bisa dikategorikan menjadi Panglima TNI yang termuda hingga tertua ketika dilantik. Lantas, siapa sajakah mereka?

Baca juga : Jalan Panjang Seorang Panglima TNI

Berikut sejumlah Panglima TNI tertua yang mengacu pada tahun kelahiran serta waktu pelantikannya.

1. Andika Perkasa

Jenderal TNI Andika Perkasa merupakan perwira tinggi (pati) TNI AD yang kini menjabat sebagai Panglima TNI. Andika sejatinya akan segera memasuki masa pensiun pada Desember 2022 ini.

Dalam riwayatnya, tercatat pria kelahiran 21 Desember 1964 tersebut telah menjabat sebagai Panglima TNI sejak 17 November 2021.

Mengacu pada data tersebut, kala itu Andika Perkasa dilantik sebagai Panglima TNI saat berusia sekitar 56 tahun lebih 11 bulan. Hal tersebut menjadikannya sebagai salah satu Panglima TNI tertua ketika dilantik.

2. Moeldoko

Berikutnya ada Jenderal TNI (Purn) Moeldoko. Sepanjang kariernya, pria kelahiran 8 Juli 1957 ini pernah menempati berbagai jabatan strategis. Sebut saja seperti Kasdam Jaya (2008), Panglima Kodam III/Siliwangi (2010), KSAD (2013), hingga Panglima TNI.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1747 seconds (0.1#10.140)