Gempa Jember M6,2, BNPB Belum Terima Laporan Kerusakan dan Korban Jiwa

Selasa, 06 Desember 2022 - 15:25 WIB
loading...
Gempa Jember M6,2, BNPB Belum Terima Laporan Kerusakan dan Korban Jiwa
BNPB memastikan belum ada laporan kerusakan bangunan ataupun korban jiwa akibat gempa magnitudo (M)6,2 di Jember, Jawa Timur hingga saat ini. Foto/SINDOnews
A A A
JEMBER - Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) memastikan belum ada laporan kerusakan bangunan ataupun korban jiwa akibat gempa magnitudo (M)6,2 di Jember , Jawa Timur hingga saat ini.

Plt Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Abdul Muhari mengatakan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Jember yang telah menerjunkan tim reaksi cepat ke wilayah yang merasakan guncangan. Tim BPBD menelusuri wilayah lokasi guncangan untuk pengecekan potensi dampak kerusakan.Baca juga: Guncangan Gempa Jember, BMKG: Jenis Dangkal Akibat Patahan Batuan

“BPBD Kabupaten Jember, Trenggalek dan Pacitan belum menerima adanya laporan kerusakan bangunan maupun korban jiwa atau luka,” ujar Aam dalam keterangan resmi yang diterima, Selasa (6/12/2022).



Gempa bumi ini terjadi sekitar pukul 13.07 WIB dengan pusat gempa berada pada 284 km barat daya Kabupaten Jember. Gempa dengan kedalaman 10 km itu dirasakan hingga ke tiga wilayah kabupaten yakni Jember, Pacitan dan Trenggalek. Sebagian besar warga merasakan getaran selama lima detik.

Berdasarkan pemodelannya, BMKG merilis gempa berpusat di laut dan tidak memicu terjadinya tsunami.“Adapun catatan gempa susulan yakni M4.3 pukul 13.25 WIB, M4.1 pukul 13.36 WIB, dan M4.3 pukul 13.49 WIB,” ungkap Aam.

Sementara itu, Aam mengatakan BNPB telah berkoordinasi dengan BPBD setempat dan memonitor situasi pascagempa melalui Pusdalops BNPB.Baca juga: Gempa Jember M6,2 Terasa Kuat di Malang dan Jogjakarta

“Masyarakat diimbau untuk waspada dan siap siaga terhadap potensi gempa susulan. Pastikan sumber informasi terkait gempa diperoleh dari sumber yang dapat dipertanggungjawabkan,” tutupnya.
(kri)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1709 seconds (10.101#12.26)