Sikap Tegas Kapolri Bikin Kepercayaan Publik Kepada Polri Kembali Naik

Senin, 05 Desember 2022 - 19:51 WIB
loading...
Sikap Tegas Kapolri Bikin Kepercayaan Publik Kepada Polri Kembali Naik
Sikap tegas Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo dinilai membuat kepercayaan publik terhadap Polri kembali naik. FOTO/DOK.MPI
A A A
JAKARTA - Tingkat kepercayaan publik terhadap Polri kembali menguat dalam dua bulan terakhir. Hal ini diketahui dari hasil survei Indikator Politik Indonesia yang dirilis beberapa waktu lalu.

Pengamat kepolisian, Edy Budiyarso mengatakan, mulai naiknya kepercayaan publik terhadap Polri lantaran sikap tegas Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo dalam melakukan penindakan hukum yang melibatkan oknum polisi. Misalnya kasus pembunuhan Brigadir J yang melibatkan mantan Kadiv Propam Ferdy Sambo sudah menemukan titik terang. Pertengahan Oktober lalu, Ferdy Sambo untuk pertama kali disidangkan ke pengadilan, juga para perwira lain yang terlibat obstruction of justice juga menyusul disidang kode etik dan pengadilan karena kasus pidananya.

"Pimpinan Polri di bawah Kapolri Jenderal Listyo Sigit menunjukkan kelugasan dalam penindakan hukum. Publik yang awalnya meragukan ketegasan Polri terjawab sudah. Polri berbenah diri," kata Edy kepada wartawan di Jakarta, Senin (5/12/2022).



Tidak hanya itu, Edy menyampaikan, Kapolri menunjukan ketegasan yang sama ketika kasus dugaan jual beli narkoba jenis sabu yang melibatkan mantan Kapolda Sumatera Barat Irjen Teddy Minahasa terkuak ke publik. "Lagi-lagi pimpinan Polri juga menunjukan ketegasan untuk mengungkap kasus melibatkan jenderal bintang dua secara tegas dan lugas," ujar Edy.

Ia mengatakan, refleksi publik yang percaya dengan sikap pimpinan Polri menyelesaikan kasus hukum perwira tingginya inilah yang kemudian terpotret. Publik percaya ada pembenahan internal, termasuk pada perwira tinggi bintang dua yang bermasalah. Sebab, kasus hukum yang melibatkan jenderal bintang dua dalam kasus FS dan TM, baru terjadi dalam sejarah 76 tahun usia Polri. "Sehingga ada kenaikan kepercayaan seperti hasil survei Indikator Politik," ujarnya.

Baca juga: Indikator: Penahanan Putri Candrawathi Tingkatkan Trust Publik kepada Polri

Sebelumnya, Indikator Politik Indonesia merilis hasil survei yang dilakukan pada 30 Oktober hingga 5 November 2022 terhadap warga negara Indonesia yang berusia 17 tahun ke atas. Metode yang digunakan adalah multistage random sampling terhadap sampel sebanyak 1.220 orang. Margin of error survei sekitar ± 2,9% pada tingkat kepercayaan 95%.

Hasilnya, tingkat kepercayaan publik terhadap Polri semakin menguat. Pada Agustus 2022, tingkat kepercayaan publik terhadap Polri hanya 54,4%, sementara pada November 2022 hasilnya menjadi 60,5%. Kepercayaan terhadap kepolisian sebelumnya menurun tajam karena kasus Ferdy Sambo.
(abd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1323 seconds (0.1#10.140)