KKP Bagikan Ratusan Alat Tangkap untuk Nelayan Mandangin Madura

Senin, 05 Desember 2022 - 19:13 WIB
loading...
KKP Bagikan Ratusan Alat Tangkap untuk Nelayan Mandangin Madura
Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) menyalurkan bantuan alat penangkapan ikan kepada nelayan Pulau Mandangin, Sampang, Jawa Timur. FOTO/IST
A A A
JAKARTA - Kementerian Kelautan dan Perikanan ( KKP ) menyalurkan bantuan alat penangkapan ikan kepada nelayan Pulau Mandangin, Sampang, Jawa Timur. Bantuan nelayan ini sejalan dengan misi KKP mewujudkan kesejahteraan masyarakat kelautan dan perikanan yang sejahtera, maju, dan mandiri.

Direktur Jenderal Perikanan Tangkap KKP, Muhammad Zaini Hanafi mengatakan, sebanyak 320 unit alat penangkapan ikan disalurkan kepada Enam Kelompok Usaha Bersama (KUB) Nelayan. Ia berharap alat penangkapan ikan ini dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya oleh nelayan agar dapat membantu mendongkrak perekonomian keluarga mereka.

"Pemerintah hanya memberikan fasilitas, yang dapat mengubah keadaan bapak-bapak nelayan menjadi lebih baik tentu adalah bapak-bapak sendiri," kata Zaini dalam Temu Nelayan di Sampang, Senin (5/12/2022). Dalam acara ini juga disalurkan bantuan sebanyak 400 paket perbekalan melaut untuk nelayan.



Menurut Zaini, menjadi nelayan adalah pekerjaan mulia karena menangkap ikan di laut untuk dinikmati setiap orang sebagai sumber makanan yang berprotein tinggi dan menyehatkan. Sudah selayaknya nelayan mendapatkan perhatian khusus agar lebih maju.

Selain memberikan bantuan alat tangkap, kata Zaini, Ditjen Perikanan Tangkap juga memiliki program Kampung Nelayan Maju (Kalaju). KKP akan meninjau beberapa desa di Pulau Menangin untuk ditetapkan sebagai lokasi program Kalaju.

Pada kesempatan yang sama Bupati Sampang, Slamet Junaidi menyampaikan terimakasih dan apresiasi kepada KKP yang peduli terhadap kesejahteraan nelayan khususnya nelayan di Kabupaten Sampang.

Baca juga: KKP Kukuhkan 71 Petugas Pemeriksa Kelaikan Kapal Perikanan

Dia berharap nelayan bersungguh-sungguh memanfaatkan bantuan yang telah diberikan agar bisa menjadi pendongkrak ekonomi para nelayan.

"Saya percaya kemajuan Kabupaten Sampang ini bukan hanya ada di tangan pemerintah derah, tapi juga ada di tangan bapak-bapak sekalian," katanya.
(abd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1211 seconds (0.1#10.140)