Bantuan Perbaikan Rumah Korban Gempa Cianjur Diberikan Langsung dan lewat Tabungan

Senin, 05 Desember 2022 - 12:48 WIB
loading...
Bantuan Perbaikan Rumah Korban Gempa Cianjur Diberikan Langsung dan lewat Tabungan
Warga berjalan di reruntuhan rumah akibat gempa bumi di Gasol, Cianjur, Jawa Barat, Selasa (29/11/2022). FOTO/ANTARA/Novrian Arbi
A A A
JAKARTA - Pemerintah berencana menyalurkan bantuan perbaikan rumah rusak akibat gempa Cianjur mulai Kamis (8/12/2022). Bantuan yang akan diberikan sebesar Rp50 juta untuk rumah rusak berat, Rp25 juta untuk rusak sedang, dan Rp10 juta untuk rusak ringan.

"Nanti hari Kamis, ini baru persiapan termasuk verifikasi semuanya selesai, nanti hari Kamis untuk bantuan yang bukan relokasi, yang bantuan Rp50 juta, Rp25 juta, dan Rp10 juta juga akan diberikan hari Kamis," kata Jokowi dalam keterangannya yang disiarkan YouTube Sekretariat Presiden, Senin (5/12/2022).

Presiden memastikan pemerintah sudah menyiapkan sistem penyaluran bantuan tersebut, baik secara langsung maupun lewat tabungan. "Ada yang langsung, ada yang lewat tabungan. Semuanya, ini sistemnya sudah disiapkan dan ini saya datang ke sini untuk mengecek persiapan itu," kata Jokowi yang kembali mengunjungi lokasi gempa Cianjur, Jawa Barat.



Menurut Presiden, setidaknya ada 56.000 rumah warga yang terdampak gempa. Jokowi berharap pembangunan rumah-rumah warga yang rusak dapat segera dimulai dan segera selesai.

"Ini kan jumlahnya tidak sedikit, loh, totalnya 56.000, bukan jumlah yang sedikit. Kita ingin secepat-cepatnya, tapi tidak dibatasi oleh waktu, dan secepat-cepatnya dimulai, secepat-cepatnya selesai karena masyarakat sudah kehujanan, kedinginan di tenda-tenda," katanya.

Baca juga: Presiden Jokowi Janjikan Bantuan Ganti Rugi Gempa Cianjur Cair Kamis
(abd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1791 seconds (0.1#10.140)