Erupsi Gunung Semeru, BNPB: Lansia Sudah Dievakuasi

Minggu, 04 Desember 2022 - 16:42 WIB
loading...
Erupsi Gunung Semeru, BNPB: Lansia Sudah Dievakuasi
Seiring peningkatan status Gunung Semeru ke level IV atau awas, BNPB memastikan telah mengevakuasi seluru lansia di daerah potensial terdampak erupsi.Foto/PVMBG
A A A
JAKARTA - Status Gunung Semeru di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur naik menjadi siaga. Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Pusat Data Informasi dan Komunikasi Kebencanaan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Abdul Muhari memastikan masyarakat terutama kaum lanjut usia yang terdampak telah dievakuasi.

"Terkait APG yang terjadi di Lumajang, Gunung Semeru sejak dini hari tadi dapat kami sampaikan bahwa pada saat ini masyarakat dan situasi secara umum terkendali jadi dari dini hari tadi BPBD bersama aparat personel TNI-Polri sudah mengkondisikan dan mengevakuasi masyarakat untuk lansia dari hasil komunikasi kami dengan perangkat daerah di Lumajang sudah dievakuasi," kata Abdul Muhari dalam video conference yang diterima MNC Portal Indonesia, Minggu (4/12/2022).

Baca juga: Gunung Semeru Naik Status Awas, Warga Dilarang Beraktivitas di Radius 17 Km

Abdul menambahkan bahwa saat ini kurang lebih ribuan warga telah berkumpul di titik-titik evakuasi. "Kemudian untuk masyarakat secata umum pada saat ini sudah berkumpul dan dikondisikan di titik-titik evakuasi sebelum dievakuasi jika kondisi memang mengharuskan evakuasi," ucap Aam, sapaan akrabnya.

Aam menyebut dari hasil pemantauan Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) per pukul 14.29 siang ini itu grafik gempa dari APG sudah mereda. Selain itu, PVMBG juga telah menaikkan status Gunungapi Semeru menjadi level IV atau Awas.



"Kita harapkan seterusnya pengamatan dan pemantau bahwa APG sudah berhenti. Kemudian per jam 12.00 siang tadi status dari gunung semeru ditingkatkan oleh PVMBG dari level III menjadi level IV artinya ini peningkatan status tidak memperbolehkan masyarakat melakukan aktivitas 8 kilometer dari puncak dan secara sektoral dari daerah tertentu sejauh 19 kilometer dari puncak artinya ke arah Besuk Kobokan," ujar Aam.

Sebagai informasi, Gunung Semeru mengalami erupsi sejak Minggu (4/12/2022) dini hari tadi. Aktivitas erupsi yang mengeluarkan APG terus meningkat pada siang hari.
(muh)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2797 seconds (10.177#12.26)