Erupsi Gunung Semeru, BNPB Laporkan 93 Warga Telah Mengungsi

Minggu, 04 Desember 2022 - 15:26 WIB
loading...
Erupsi Gunung Semeru, BNPB Laporkan 93 Warga Telah Mengungsi
BNPB melaporkan sudah 93 warga yang diungsikan akibat erusi Gunung Semeru. Foto/istimewa
A A A
JAKARTA - Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) melaporkan terdapat 93 warga telah dievakuasi imbas erupsi Gunung Semeru, Lumajang, Jawa Timur. Diketahui, erupsi Semeru tersebut mengakibatkan adanya awan panas guguran (APG) yang menyebar hingga radius 17 km dari puncak.

"Sejauh ini sudah ada 93 warga yang mengungsi di Balai Desa Sumberurip Kecamatan Pronojiwo, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur," ujar BNPB melalui akun resmi media sosialnya @bnpb_indonesia, Minggu (4/12/2022).

Sementara Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) memberikan sejumlah peringatan akibat APG berwarna kelabu dengan intensitas sedang hingga tebal ke arah tenggara dan selatan.



Menurut PVMBG, warga diimbau untuk tidak melakukan aktivitas apapun di sektor tenggara di sepanjang Besuk Kobokan, sejauh 13 km dari puncak (pusat erupsi).

"Di luar jarak tersebut, masyarakat tidak melakukan aktivitas pada jarak 500 meter dari tepi sungai (sempadan sungai) di sepanjang Besuk Kobokan karena berpotensi terlanda perluasan awan panas dan aliran lahar hingga jarak 17 km dari puncak," tulis PVMBG dalam laman resminya.

Kemudian, PVMBG juga mengimbau warga sekitar untuk tidak beraktivitas dalam radius 5 Km dari kawah/puncak Gunung Api Semeru karena rawan terhadap bahaya lontaran batu (pijar).

"Kami juga merekomendasi agar mewaspadai potensi awan panas guguran (APG), guguran lava, dan lahar di sepanjang aliran sungai/lembah yang berhulu di puncak Gunung Api Semeru, terutama sepanjang Besuk Kobokan, Besuk Bang, Besuk Kembar, dan Besuk Sat serta potensi lahar pada sungai-sungai kecil yang merupakan anak sungai dari Besuk Kobokan," jelas PVMBG.



Untuk diketahui, PVMBG menaikkan status erupsi Gunung Semeru dari Siaga atau level III, menjadi awas atau level IV. Demikian terhitung sejak pukul 12.00 WIB pada Minggu siang ini (4/12/2022).

"Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) menaikkan status Gunung Api Semeru dari 'Siaga' menjadi 'Awas'," tulis akun resmi Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) melalui akun media sosialnya @BNPB_Indonesia.
(muh)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1979 seconds (0.1#10.140)