Survei: Jika Tak Diusung PDIP, Golkar dan PKB Dinilai Paling Pantas Calonkan Ganjar

Selasa, 29 November 2022 - 18:36 WIB
loading...
Survei: Jika Tak Diusung PDIP, Golkar dan PKB Dinilai Paling Pantas Calonkan Ganjar
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo saat menghadiri Muktamar ke-48 Muhammadiyah dan Aisyiyah di Stadion Manahan, Kota Solo. Foto/Istimewa
A A A
JAKARTA - Partai Golkar dan PKB dianggap paling pantas mengusung nama Ganjar Pranowo sebagai capres 2024 apabila Gubernur Jawa Tengah itu tidak diusung PDIP. Hal tersebut berdasarkan survei terbaru Charta Politika Indonesia bertajuk 'Persepsi Publik Terkait Kinerja Pemerintah dan Peta Elektoral Terkini'.

Dalam salah satu simulasi survei yang melibatkan 398 pendukung Ganjar, sebanyak 22,9 persen responden menganggap Partai Golkar pantas memajukan Ganjar sebagai capres 2024 jika tidak diusung PDIP. Disusul PKB dengan suara 19,1 persen.

"Responden yang menyatakan memilih Ganjar Pranowo, 22,9 persen menyatakan jika Ganjar Pranowo tidak dicalonkan oleh PDIP sebagai calon Presiden sebaiknya maju melalui dukungan Partai Golkar. Responden yang memilih Ganjar Pranowo 19,1 persennya menyatakan sebaiknya maju melalui PKB," kata Direktur Eksekutif Charta Politika Indonesia Yunarto Wijaya dalam rilis surveinya, Selasa (29/11/2022).





Masih dalam simulasi yang sama, mayoritas responden terdiri dari 200 pemilih PDIP dan Ganjar akan tetap memilih pria berambut putih itu jika maju sebagai capres 2024. Meskipun PDIP nantinya tidak mengusung Ganjar sebagai capres 2024.

"Sebanyak 87,5 persen responden pemilih PDIP dan Ganjar Pranowo menyatakan tetap memilih Ganjar Pranowo meskipun tidak dicalonkan oleh PDIP," kata Yunarto.

Yunarto menjelaskan, dalam simulasi survei itu juga menunjukkan bahwa 31 persen responden tidak akan memilih PDIP jika partai berlambang banteng itu enggan mengusung Ganjar sebagai capres 2024. Sementara, sebanyak 14,5 responden memilih tidak tahu dan tidak menjawab.

"Sebanyak 31 persen responden pemilih PDIP dan Ganjar Pranowo menyatakan tidak akan memilih PDIP jika Ganjar Pranowo tidak dicalonkan oleh PDIP," jata Yunarto.

Adapun dalam survei itu, nama Ganjar menempati posisi puncak elektabilitas pada simulasi 10 nama. Elektabilitas Ganjar jauh di atas nama-nama lain seperti Eks Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, dan tokoh lainnya.

"Ganjar di posisi pertama dengan perolehan 32,6 persen. Sementara Anies di bawahnya 23,1 persen dan Prabowo 22 persen," kata Yunarto.

Survei Charta Politika Indonesia ini melibatkan 1.220 responden melalui wawancara tatap muka yang dilaksanakan pada 4-12 November 2022. Margin of error dalam survei ini lebih kurang 2,83 persen dengan quality control sebanyak 20 persen dari total sampel.
(rca)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1580 seconds (0.1#10.140)