Elektabilitas Ganjar Masih Moncer di Puncak Versi Survei SMRC

Senin, 28 November 2022 - 03:13 WIB
loading...
Elektabilitas Ganjar Masih Moncer di Puncak Versi Survei SMRC
Direktur Riset Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) Deni Irvani saat memaparkan hasil survei terbaru SMRC. Foto/Istimewa
A A A
JAKARTA - Elektabilitas Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo masih moncer di posisi puncak versi hasil survei terbaru Lembaga Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC). Nama Ganjar masih berada di urutan pertama berdasarkan hasil survei terbaru Lembaga SMRC bertajuk Trend Dukungan Bakal Capres pasca Deklarasi.

Direktur Riset SMRC Deni Irvani mengungkapkan, Ganjar berada di puncak dengan perolehan 26,7 persen pada pertanyaan semi terbuka. Disusul Prabowo dengan 18,8 persen, Anies 17 persen, dan tokoh-tokoh lain di bawah 4 persen.

"Bila pemilihan presiden diadakan ketika survei terakhir dilakukan, ada 3 nama yang mendapat dukungan paling signifikan: Ganjar Pranowo, Prabowo Subianto, dan Anies Baswedan. Nama-nama lain masih jauh tertinggal di bawah," kata Deni dalam keterangannya, Minggu (27/11/2022).

Baca juga: Nama Ganjar Pranowo Capres Teratas di Rapimwil PPP Jateng



Nama Ganjar juga masih unggul di antara nama-nama lain dalam simulasi 4 nama. Ganjar mendapatkan dukungan 33,5 persen, kemudian Prabowo 26,9 persen, lalu Anies 24 persen, dan Puan di posisi terbawah dengan 3,4 persen.

Sementara dalam simulai 3 nama, Ganjar mendapatkan dukungan 33,5 persen, Prabowo 30 persen, dan Anies 25,1 persen. Deni mengatakan, Ganjar cenderung unggul dari dua nama tersebut.

"Ganjar Pranowo paling disukai dibanding tokoh lain (disukai oleh 89 persen dari yang tahu). Tingkat kedisukaan Ganjar lebih positif dari Prabowo Subianto sebanyak 76 persen dan Anies Baswedan 75 persen," katanya.

Deni memperkirakan, elektabilitas Ganjar akan terus mengalami kemajuan. Deni menyebut saat ini popularitas Ganjar masih cenderung meningkat dibanding tokoh-tokoh lain.

"Dengan tingkat penerimaan yang positif, elektabilitas Ganjar diperkirakan masih akan terus mengalami kemajuan seiring kenaikan awareness pemilih kepadanya," katanya.

Adapun survei dilakukan secara tatap muka pada 5-13 November 2022. Populasi itu dipilih secara random (stratified multistage random sampling) sebanyak 1220 responden.

Sementara response rate survei ini sebesar 1012 atau 83 persen. Margin of error survei dengan ukuran sampel tersebut diperkirakan sebesar kurang lebih 3,1 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.
(rca)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1937 seconds (11.97#12.26)