Survei SMRC: Prabowo Paling Populer, Ganjar Paling Disukai

Minggu, 27 November 2022 - 14:57 WIB
loading...
Survei SMRC: Prabowo Paling Populer, Ganjar Paling Disukai
Survei SMRC terbaru menunjukkan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto menjadi tokoh paling populer, sementara Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menjadi tokoh yang paling disukai. FOTO/DOK.SINDOnews
A A A
JAKARTA - Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto menjadi tokoh paling populer di antara nama-nama yang potensial menjadi calon presiden (capres) 2024. Sementara Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menjadi tokoh yang paling disukai.

Hal ini merupakan hasil survei terbaru Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) pada November 2022. Menurut Direktur Riset SMRC Deni Irvani, sampai saat ini Prabowo Subianto paling populer. Sekitar 95% warga mengaku tahu, kenal atau pernah mendengar nama Prabowo.

"Sementara Anies Baswedan dikenal 85%, Ganjar 75%, Puan Maharani 69%, dan Airlangga Hartarto 39%," kata Deni dalam temuan survei bertajuk Tren Dukungan Bakal Capres Pasca Deklarasi melalui kanal YouTube SMRC TV, Minggu (27/11/2022).



Deni mengatakan, temuan penting survei lainnya adalah tingkat penerimaan atau likeability bakal calon presiden. Survei ini menemukan Ganjar paling disukai dibanding tokoh lainnya. Dari responden yang tahu, Ganjar disukai 89%. Sementara tingkat kedisukaan Ganjar ini lebih tinggi dibanding tokoh-tokoh lain seperti Prabowo (76%), Anies (75%), Airlangga (64%), dan Puan (45%).

"Tingkat penerimaan Ganjar yang lebih positif menjelaskan mengapa dukungan kepada Ganjar sementara lebih tinggi dari bakal-bakal calon lain," katanya.

Awareness pemilih terhadap bakal capres juga bervariasi. Ada tokoh yang sudah sangat terkenal seperti Prabowo dan Anies, dan ada juga tokoh yang belum terlalu banyak dikenal seperti Ganjar, Puan, dan Airlangga. Sementara pada Hari-H pemilihan nanti dapat diasumsikan tingkat kedikenalan calon akan sama, karena hampir semua pemilih tahu calon yang bersaing.

Deni menjelaskan, jika yang bersaing 4 nama, Ganjar vs Prabowo vs Anies vs Puan, dan pemilih tahu keempat calon tersebut, maka Ganjar mendapat dukungan tertinggi yakni 45,5%; disusul Anies 24,6%; Prabowo 21,4%; dan Puan 3,3%.

SMRC: Prabowo, Ganjar, dan Anies Belum Ada yang Dominan

"Jika yang bersaing ada 3 nama, Ganjar vs Prabowo vs Anies, pada kelompok pemilih yang tahu ketiga calon tersebut, Ganjar unggul dengan dukungan 44,6%; disusul Anies 26,8 %; dan Prabowo 22,9%," ungkapnya.

Untuk diketahui, survei ini dilakukan secara tatap muka pada 5-13 November 2022. Populasi survei adalah seluruh warga negara Indonesia yang punya hak pilih dalam pemilu. Dari populasi itu dipilih secara random (stratified multistage random sampling) 1.220 responden. Response rate sebesar 1.012 atau 83%. Margin of error survei dengan ukuran sampel tersebut diperkirakan sebesar ±3,1% pada tingkat kepercayaan 95% (asumsi simple random sampling).
(abd)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.3006 seconds (11.252#12.26)