Bicara di IdeaTalks, Prabowo Tekankan Tradisi Politik Bebas Aktif sebagai Panduan RI Hadapi Tantangan Dunia

Sabtu, 26 November 2022 - 06:50 WIB
loading...
Bicara di IdeaTalks, Prabowo Tekankan Tradisi Politik Bebas Aktif sebagai Panduan RI Hadapi Tantangan Dunia
Menhan Prabowo Subianto menjadi keynote speaker di salah satu sesi IdeaTalks dalam acara IdeaFest 2022 yang berlangsung di Jakarta Convention Center, Jumat (25/11/2022). Foto/MNC Media
A A A
JAKARTA - Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto menjadi keynote speaker di salah satu sesi IdeaTalks dalam acara IdeaFest 2022 yang berlangsung di Jakarta Convention Center, Jumat (25/11/2022).

Dalam agenda tersebut, Prabowo mengampu diskusi bertema ‘Leadership in a Polarized World’ yang dipandu oleh Founder Asumsi Pangeran Siahaan. Prabowo mengungkap tiga tantangan yang kini tengah dihadapi dunia. Baca juga: Prabowo Ingatkan Ajaran Nilai Kepemimpinan Ki Hadjar Dewantara di IdeaFest

“Tantangan global yang saat ini dihadapi adalah the rise of China, food, energy and water security, dan climate change,” ujar Prabowo.

Ia menyebut sebagian masalah tersebut merupakan masalah yang nantinya akan dihadapi oleh generasi penerus bangsa. Kendati demikian, Prabowo memandang politik bebas aktif yang dianut Indonesia merupakan salah satu ‘panduan’ bagi anak muda untuk menghadapi tantangan ini.

“Untung kita punya tradisi bebas aktif, tradisi kita seribu kawan terlalu sedikit, satu lawan terlalu banyak. Itu wisdom dari bapak bangsa, inilah yang saya terima, kita warisi kepada generasi penerus,” tutur Prabowo.

“Jangan mau dibawa ke sini, jangan mau dibawa ke sana. Hormati semua. Semuanya harus mengejar apa yang diminta rakyat. Rakyat butuh kemakmuran,” sambungnya.

Untuk menggapai kemakmuran, lanjut Prabowo, diperlukan upaya untuk mencapai perdamaian. Baca juga: Terima Menhan Prancis, Prabowo Dorong Kerja Sama Pendidikan di Sektor Pertahanan

Prabowo pun mengapresiasi terselenggaranya IdeaFest 2022. Ia menyebut ruang diskusi seperti yang ini merupakan langkah baik untuk bertukar gagasan antar anak muda yang peduli dengan bangsa.
(kri)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2378 seconds (10.177#12.26)