HIPWI FKPPI Dorong Pelaku UMKM Naik Kelas di 2023

Jum'at, 25 November 2022 - 21:51 WIB
loading...
HIPWI FKPPI Dorong Pelaku UMKM Naik Kelas di 2023
Ketua Umum HIPWI FKPPI Toro Sudarmadi (kanan) mendorong pelaku UMKM naik kelas di 2023. Foto/istimewa
A A A
JAKARTA - Himpunan Pengusaha dan Wiraswasta (HIPWI) Forum Komunikasi Putra Putri Purnawirawan dan Putra Putri TNI-Polri (FKPPI) mendorong Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah ( UMKM ) naik kelas lewat sejumlah kegiatan pada awal 2023. Mereka meluncurkan Grak HIPWI FKPPI di Sultan Residence, Jakarta.

Peluncuran itu ditandai dengan penekanan tombol touchscreen oleh Ketua Umum HIPWI FKPPI Toro Sudarmadi dan dilanjutkan dengan pemotongan nasi tumpeng. Adapun Grak memiliki arti perpindahan jiwa dan raga kita ke suatu tempat atau posisi yang baru.

”Ke depannya, HIPWI FKPPI akan menggunakan Grak dalam setiap kegiatan eksternal maupun internal dan menjadikannya sebagai brand image,” kata Ketua Umum HIPWI FKPPI Toro Sudarmadi, Jumat (25/11/2022).

Baca juga: Dorong Usaha Kecil Menengah Naik Kelas dengan Kualitas, Program Dukung UMKM Kuliner Kembali Digelar

Sejumlah kegiatan yang bakal digelar HIPWI FKPPI adalah Grak Kreatif UMKM HIPWI FKPPI pada 20-23 Januari 2023, Grak Pangan pada 15 Februari 2023 bekerja sama dengan Kementerian Pertanian (Kementan) untuk menunjang ketahanan pangan di Keluarga Besar TNI/Polri dan mendukung program pemerintah.

Baca juga: 5 Negara ASEAN dengan Jumlah UMKM Terbanyak, Nomor 2 Kontribusi ke Ekspor Tembus Rp1.267 Triliun

Kemudian, Grak Keuangan yang bekerja sama dengan institusi keuangan dan pihak swasta dalam pelatihan future trading untuk keluarga besar FKPPI, serta Grak Komsos yang bekerja sama dengan Aster TNI dalam rangka pemberdayaan dan kesejahteraan keluarga besar TNI/Polri.

”Grak Kreatif UMKM HIPWI FKPPI pada 20-23 Januari 2023 akan digelar di Spark Senayan. Acara tersebut akan dibuka oleh Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki dan Ketua Umum KB FKPPI Pontjo Sutowo,” katanya.

Selain itu, Ketua MPR yang juga Wakil Ketua Umum KB FKPPI Bambang Soesatyo akan menjadi keynote speaker. "Acara ini berlangsung tiga hari penuh dengan 60 peserta pameran, perusahaan e-commerce, investor, perbankan, penggiat bisnis, UMKM, kolaborator, dengan target kehadiran fisik lebih dari 5.000 orang," ujarnya.

Selain anggota FKPPI, acara itu juga bakal dihadiri oleh beberapa kementerian terkait, perwakilan negara tetangga, tokoh UMKM, dan tokoh ekonomi. Toro membeberkan tujuan acara Grak Kreatif UMKM HIPWI FKPPI salah satunya, HIPWI FKPPI dan KB FKPPI bersama-sama ingin membangkitkan kembali kegiatan usaha kecil dan menengah setelah pandemi Covid-19.

”Kemudian, meningkatkan penjualan, meningkatkan kemampuan dan kompetensi usaha khususnya usaha kecil menengah, menciptakan bersama UMKM naik kelas, menciptakan pasar dan pelanggan setia,” katanya.

Lalu, memperluas jaringan dan berupaya memasuki pasar internasional, menciptakan kerja sama dan berkolaborasi dalam industri usaha kecil dan menengah, serta berkolaborasi dengan e-commerce untuk membantu meningkatkan penjualan secara online.

"Kita ingin berpartisipasi berperan serta aktif dalam membantu pemerintah memulihkan ekonomi. Tulang punggung ekonomi kita di UMKM. Acara kita nanti dikhususkan bagaimana UMKM untuk naik kelas. Acara tersebut diharapkannya melahirkan UMKM-UMKM unggulan. Kita ingin melihat lebih banyak lagi UMKM yang bisa terlihat, bisa maju bersama kami untuk bisa naik kelas maupun ekspor," katanya.
(cip)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1408 seconds (10.177#12.26)