Prabowo Beberkan Alasan Pemindahan Ibu Kota Negara ke Kalimantan

Jum'at, 25 November 2022 - 18:53 WIB
loading...
Prabowo Beberkan Alasan Pemindahan Ibu Kota Negara ke Kalimantan
Menhan Prabowo Subianto saat menyampaikan materi di Ideafest bertajuk Leadership in a Polarized World di JCC Senayan, Jakarta, Jumat (25/11/2022). FOTO/MPI/ACHMAD AL FIQRI
A A A
JAKARTA - Menteri Pertahanan ( Menhan) Prabowo Subianto membeberkan alasan pemerintah memindahkan Ibu Kota Negara dari Jakarta ke Penajam Paser, Kalimatan Timur. Merujuk data PBB, Prabowo menyebut permukaan daratan di utara Jakarta terus mengalami penyusutan.

"Kenapa kita harus pindah Ibu Kota? karena sebentar lagi, menurut PBB, pantai di Tanjung Priok itu akan sampai di sini, akan sampai di Bundaran HI," kata Prabowo saat beri materi di acara Ideafest bertajuk Leadership in a Polarized World di JCC Senayan, Jakarta, Jumat (25/11/2022).

Untuk itu, Prabowo mengungkapkan pemindahan Ibu Kota perlu dilakukan ke Kalimantan Timur. Pasalnya, ia merasa tak elok bila Istana Kepresidenan direndam banjir. Apalagi Istana Kepresidenan kerap kali menerima tamu dari negara lainnya. "Bayangkan kita mau terima tamu pasukan udah siap memberi guard of honour banjir, harusnya sedih," tuturnya.



Kendati begitu, Prabowo merasa proses pemindahan Ibu Kota Negara perlu melibatkan anak muda. Tujuannya, agar memberikan ruang kreativitas kepada generasi muda.

"Like at move somewhere (pindah ke suatu tempat), kalau enggak investasi kita harus bikin, giant sea wall, ujung ujungnya tetap. Nah ini kita butuh kreativitas anak muda," ujar Prabowo.

Baca juga: Kepentingan Nasional dalam Perpindahan IKN
(abd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1798 seconds (0.1#10.140)