Profil dan Deretan Brevet Benny Susianto, Letnan Jenderal Pemilik Karier Cemerlang yang Baru Saja Tinggalkan Militer

Rabu, 23 November 2022 - 17:57 WIB
loading...
Profil dan Deretan Brevet Benny Susianto, Letnan Jenderal Pemilik Karier Cemerlang yang Baru Saja Tinggalkan Militer
Benny Susianto merupakan seorang purnawirawan TNI yang punya rekam jejak cukup cemerlang di militer. Foto DOK ist
A A A
JAKARTA - Benny Susianto merupakan seorang purnawirawan TNI yang punya rekam jejak cukup cemerlang di militer . Hal itu terbukti dari tanda jasa dan brevet yang dimiliki.

Selain itu jenderal bintang tiga ini juga sempat menduduki beberapa posisi strategis seperti Kepala Staf Komando Cadangan Strategis Angkatan Darat, hingga Inspektur Jenderal TNI Angkatan Darat.

Baca juga : Profil Letnan Jenderal TNI Purnawirawan Muhammad Munir yang Gabung PKS, Pernah Jadi Ajudan SBY

Dilansir dari tni.mil.id, Letjen Benny Susianto bersama dengan 163 Pati TNI AD telah mengikuti Wisuda Purna Wira (WPW) Pati yang berlangsung di Gedung Lily Rohli Akmil Magelang.

Hal itu lantas membuatnya secara resmi pensiun dari militer usai memasuki masa pensiun pada 1 Januari 2022.

Benny Susianto lahir pada 10 Desember 1963, dan merupakan lulusan Akademi Militer 1987 yang berpengalaman di bidang infanteri.

Pria asal Jakarta ini dikenal cukup lama bertugas di lingkungan Kostrad, setelah kelulusannya, dia ditugaskan sebagai Danton II Ki C Yonif 432 Kostrad, hingga Danki A Yonif 305 Kostrad.

Usai mengikuti pendidikan di Seskoad, Benny ditempatkan di lingkungan Kodam Jaya, tepatnya di Korem 051/Wijayakarta. Kemudian menjadi Kasiops Korem, lalu dimutasi menjadi Pabandya Ops Sopsdam Jaya.

Benny lantas kembali lagi ke lingkungan Kostrad tepatnya di Divisi Infanteri 2/Kostrad, di sana dia menjabat sebagai Waaster dan Waasops Kasdivif 2/Kostrad. Sempat juga ia menjadi Kepala Staf Brigif Linud 18/Trisula di Malang, dan ditarik kembali ke Makostrad untuk menjadi Waasops Kaskostrad.

Pada tahun 2010, Benny Susianto ditunjuk menjadi Komandan Brigif 1 Pam Ibukota/Jaya Sakti menggantikan Kolonel Inf Djoni Supriyanto, pangkatnya pun naik menjadi kolonel.

Hingga pada awal tahun 2014, Benny diangkat menjadi Komandan Puspenerbad menggantikan Brigjen TNI Mochammad Afifuddin, hingga Juni 2016. Setelah itu dia dipromosikan menjadi Panglima Divif 2/Kostrad, menggantikan Mayjen TNI Ganip Warsito.

Baca juga :Siap Mati untuk PDIP, Siapa Jenderal TNI Ganip Warsito?

Setelah itu barulah Benny diangkat sebagai KasKostrad pada 2017 di saat pangkat Jenderal Bintang Dua telah tersemat di pundaknya.

Belum genap setahun dia lalu digeser untuk menjadi Wadanjen Akademi TNI. Kemudian dipercaya untuk menjadi Pangdam IX/Udayana tahun 2018 selama dua tahun.

Barulah pada 2020 dia dipercaya untuk menjabat sebagai Inspektur Jenderal Angkatan Darat, pada posisi ini juga pangkatnya kembali naik menjadi Letnan Jenderal.

Dengan posisi strategis terutama di jajaran Kostrad membuatnya memiliki beberapa bervet, di antaranya :

- Brevet Cakra Kostrad
- Brevet Para Raider
- Brevet Terjun Bebas Militer
- Brevet Para Dasar
- Brevet Thailand Army
- Wing Penerbad
- Brevet US Army Parachute
(bim)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1435 seconds (0.1#10.140)