Hasil Inovasi Desa dan Kelurahan Dipamerkan di Pindeskel 2022

Rabu, 23 November 2022 - 16:52 WIB
loading...
Hasil Inovasi Desa dan Kelurahan Dipamerkan di Pindeskel 2022
Pekan Inovasi Desa Kelurahan (Pindeksel) 2022 digelar di Kompleks Bina Pemdes Kemendagri selama dua hari, Rabu-Kamis (23-24/11/2022). FOTO/IST
A A A
JAKARTA - Beragam hasil inovasi dipamerkan dalam Pekan Inovasi Desa Kelurahan (Pindeksel) 2022 di Kompleks Bina Pemdes Kementerian Dalam Negeri ( Kemendagri ), Pasar Minggu, Jakarta Selatan. Kegiatan ini digelar selama dua hari, Rabu dan Kamis (23-24/11/2022).

Saat membuka Pindeskel, Dirjen Bina Pemdes Kemendagri Eko Prasetyanto mengajak semua pihak dari pusat sampai daerah bergotong royong membangun desa. "Kita semua harus bergotong royong, bersinergi untuk mengembangkan inovasi desa dan kelurahan untuk memajukan desa maju, mandiri, dan sejahtera," kata Eko Prasentyanto.

Eko mengatakan, Pindeskel kembali digelar setelah ditiadakan selama dua tahun karena pandemi Covid-19. Penyelenggaraannya tahun ini dirancang sederhana tanpa mengurangi kualitas inovasi yang dipamerkan. "Kita jangan mengejar untuk harus menjadi juara, tetapi yang paling penting bagaimana agar terus berkembang, berproses untuk membangun desa," katanya.



Ia mengajak semua pihak terus mengembangkan inovasi di desa dan kelurahan, sehingga bisa meningkatkan kinerja dan pelayanan kepada masyarakat. Menurutnya, inovasi bukan hanya soal penemuan atau invention, tetapi juga ide, gagasan, dan tindakan untuk meningkatkan kemajuan desa.

Prestasi dan inovasi yang telah dicapai, kata Eko, jangan sampai hanya berhenti di wilayah. Melalui Pindeskel diharapkan apa yang telah diraih dapat dipublikasikan dan menjadi informasi yang dapat ditiru dan dikembangkan desa dan kelurahan lain di seluruh Indonesia.

Karena itu, Eko meminta desa dan kelurahan berlomba melakukan inovasi dengan menggunakan metode ATM. "Tapi ATM di sini, bukan anjungan tunai mandiri, tapi amati, tiru, modifikasi," katanya.

Direktur Evaluasi Perkembangan Desa (EPD) Ditjen Bina Pemdes Muhammad Noval menjelaskan, Pindeskel 2022 merupakan sarana untuk mempublikasikan informasi berbagai keberhasilan inovasi pemerintahan dalam memajukan desa dan kelurahan. Kemajuan itu antara lain meliputi penyelenggaraan pemerintahan, kewilayahan, dan kemasyarakatan.

"Kegiatan ini bertujuan untuk membangun semangat komunikasi antardesa dan kelurahan dan di setiap daerah," katanya.

Selain itu, kegiatan ini juga untuk meningkatkan pengetahuan dan wawasan tentang perkembangan dan kemajuan tata kelola pemerintahan daerah, serta mendorong pengembangan inovasi dalam meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat desa dan kelurahan.
(abd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1844 seconds (0.1#10.140)