Brevet yang Dimiliki Lucky Avianto, Jenderal Intelijen Jebolan Perwira Terbaik Angkatan 1996

Rabu, 23 November 2022 - 05:40 WIB
loading...
Brevet yang Dimiliki Lucky Avianto, Jenderal Intelijen Jebolan Perwira Terbaik Angkatan 1996
Brigjen TNI Lucky Avianto berhasil meraih bintang emas di pundaknya setelah diberikan amanah oleh Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa untuk menjadi Kapusdiklat BIN pada awal tahun 2022 lalu. Foto/TNI AD
A A A
JAKARTA - Brigadir Jenderal (Brigjen) TNI Lucky Avianto berhasil meraih bintang emas di pundaknya setelah diberikan amanah oleh Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa untuk menjadi Kepala Pusat Pendidikan dan Pelatihan Badan Intelijen Negara (Kapusdiklat BIN) pada awal tahun 2022 lalu. Pangkatnya pun berubah menjadi Brigjen TNI.

Brigjen Lucky Avianto memiliki karier cemerlang di TNI. Lucky berhasil meraih tiga gelar lulusan terbaik sekaligus di militer. Dia merupakan lulusan Akademi Militer (Akmil) 1996 A peraih predikat Adhi Makayasa alias lulusan terbaik. Baca juga: Sosok Lucky Avianto, Peraih Adhi Makayasa Akmil 1996 A yang Kini Menjadi Kapusdiklat BIN

Dikutip dari situs laman resmi Seskoad, predikat lulusan terbaik juga didapatkan Lucky saat mengenyam pendidikan di Dikreg Seskoad A-XLIX TA 2011 serta Dikreg XLVI Sesko TNI pada tahun 2019.

Sepanjang kariernya di militer, Lucky juga pernah diterjunkan ke berbagai medan operasi. Di antaranya adalah Operasi Keamanan Maluku hingga Operasi Keamanan Aceh.

Tak hanya di dalam negeri, Lucky juga pernah merasakan bertugas di luar negeri. Dia pernah tergabung dalam Satgas Indobat Konga XXIII-G/United Nations Interim Force in Lebanon (UNIFIL) PBB serta ikut menjalankan misi United Nations Organization Stabilization Mission in the Democratic Republic of the Congo (MONUSCO) di Republik Demokrasi Kongo.

Ketika masih berpangkat Kolonel, Lucky juga berperang di zona terdepan menghadapi pandemi Covid-19 dengan mengemban tugas di Pusat Komando Pengendalian Operasi (Puskodalops) Satuan Tugas Covid-19 BNPB.

Brigjen Lucky diketahui mengantongi sejumlah brevet baik dari Tanah Air hingga kancah internasional. Apa saja brevet yang dimiliki pria yang pernah menjabat Komandan Grup 1/Kopassus ini? Berikut daftarnya.

1. Brevet Komando Kopassus

Brevet ini didapat prajurit Kopassus yang telah melewati pendidikan dan latihan di Pusdiklatpassus Batujajar, Bandung, Jawa Barat. Pendidikan yang berlangsung selama tujuh bulan ini meliputi pendidikan dasar, pelatihan di hutan dan gunung serta rawa dan laut. Setelah melewati tahap ini, seorang prajurit Kopassus akan menerima brevet Komando di Pantai Permisan, Cilacap, Jawa Tengah.

2. Brevet Free Fall Kopassus
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2839 seconds (11.97#12.26)